Tradisi Silaturahmi Keliling Kampung Arab Manado

Tradisi keliling kampung arab, manado, pada hari kedua idul fitri, foto sumber : daerah.sindonews.com

Manado - Republiknews
Jamaah Kampung Arab, Kelurahan Istiqlal, Kota Manado masih menjaga tradisi dengan melaksanakan kunjungan silaturahmi keliling kampung pada Lebaran hari kedua. Hal ini juga dilakukan beberapa kampung lainnya hingga perayaan ketupatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga, jamaah Kampung Arab. Satu per satu rumah didatangi hanya untuk sekadar bersilaturahmi dan saling mendoakan demi kebaikan bersama.

Menariknya kegiatan yang kesohor dengan tawaf itu juga dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara, Kapolsek Wenang, Danramil Wenang dan pemerintah setempat.

“Terima kasih kepada masyarakat Kampung Arab, ini suatu tradisi yang sangat baik sekali untuk menunjukkan kebersamaan kita. Saya kalau sudah Lebaran kedua datang kesini ini, saya merasa nyaman dan ayem, mudah-mudahan ini dilestarikan terus menerus, ini harus kita pelihara terus,” ujar Kapolda, yang juga pernah mengikuti acara serupa saat Lebaran tahun 2017 di tempat yang sama.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kampung Arab yang juga selaku Anggota DPRD Sulut H Ayub Albugis sangat mengapresiasi kehadiran Kapolda Sulut. “Kami harap kehadiran Kapolda menjadi perekat bagi kita agar kiranya dalam suasana kebahagiaan ini, silaturahmi akan terjalin ke depan,” ujarnya.

Menurutnya, tradisi keliling kampung ini sudah dilaksanakan sejak lama di Kampung Arab. “Kami memelihara suasana silaturahmi ini, baik dengan tokoh agama maupun masyarakat, bukan hanya umat Islam saja, umat Kristiani hadir juga dalam rangka bersilaturahmi dari rumah ke rumah,” katanya.

Adapun jumlah kepala keluarga (KK) yang dikunjungi yang ada di Kampung Arab sebanyak kurang lebih 450 KK. Kegiatan dimulai pukul 07.00 Wita hingga 16.00 Wita dipimpin Imam Mesjid Al Mashrur.


Republiknews.com/ Suryono

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »