Terkini

Gempa Bumi Tektonik Berkisar m-4,9 Hari Ini Mengguncang Sulawesi Utara Tidak Berpotensi Tsunami

Wednesday, 29 August 2018

Republiknews- Manado
Hari rabu, 29 agustus 2018, pukul 20,02:29 wita, wilayah laut di sebelah tenggara kota Bitung,t erdampak gempa bumi tetonik .

Berdasarkan shakemap BMKG, menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan m-4,9 yg terjadi dengan koordinat epidenter pada:0,91 LU dan 125,4 BT, atau tepatnya  berlokasi di laut pada jarak 66 km arah tenggara kota Bitung pada kedalaman  10 km.

Menurut laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan  didaerah Manado, Bitung, Minahasa, Kotamobagu, hingga Bolaang Mongondow Selatan

Jika ditinjau dari kedalaman  hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa yang dangkal akibat aktifitas dasar lokal

Berdasarkan peta tataan tektonik,diwilayah laut di seblah tenggara kota bitung terdapAt zona  gempa bumi sangihe yang memiliki jalur berarah timur laut barat daya.


Hingga sampai pukul 20:23 wita hasil monitoring  BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi.
Untuk itu kepada masyarakat disekitar, wilayah khususnya Sulawesi Utara agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, dan tetap waspada.


Republiknews.com/ Romi A

No comments:

Post a Comment