Terkini

Membentuk Dan Mendidik Anak Sejak Usia Dini

Thursday, 30 August 2018

Republiknews - Kab Gorontalo
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018 tingkat Kabupaten Gorontalo Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kab.Gorontalo bekerja sama dengan dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kab.Gorontalo serta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gorontalo melaksanakan Lomba tata upacara latihan pramuka siaga (UPLAS), pada hari Sabtu (25/8) di Gedung Olahraga (GOR) David-Tonny.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 19 Kwartir Ranting se Kabupaten Gorontalo dengan tema “Membentuk dan Mendidik Karakter Anak Sejak Usia Dini”. Pada acara tersebut tampak hadir Korwil Dinas Dikbud Kecamatan se Kabupaten Gorontalo, ketua Kwarti Ranting se Kab.Gorontalo beserta pengurus, kakak-kakak pelatih dan instruktur gerakan pramuka se Kab.Gorontalo, ketua-ketua tim Penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Gorontalo, para ketua/wakil Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gorontalo, dan camat selaku ketua pembimbing ranting se Kab.Gorontalo setra para guru dan orang tua/wali siswa.

Pada saat pembukaan kegiatan Ketua Kwartir cabang gerakan pramuka Kab.Gorontalo Dr.Fory Naway, M.Pd mengatakan “sebagaimana amanat UU No.12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka, bahwa gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berahlak mulia, berijawa patriot, tata hukum, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengamalkan pancasila serta melestarikan lingkungan hidup”.

Kegiatan tersebut juga sebagai wahana untuk mempersiapkan generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehinggga melahirkan patriot-patriot bangsa yang bisa diandalkan dan berkarakter baik. Selain itu anak-anak pramuka siaga dapat mencari ilmu pengetahuan dan keterampilan tanpa mengenal kata menyerah.

“tata upacara pembukaan latihan pramuka siaga ini juga dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggung jawab serta mempererat tali persaudaraan” tutur Dr. Fory Naway, M. Pd pada saat pembukaan acara
Tata upacara pembukaan latihan bukan hanya untuk kalangan pramuka siaga tetapi juga ada tingkat pramuka penggalang dan penegak/pendega.

“ Insya Allah kedepan kita akan buat tata upacara penggolongan  mulai dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, dan Pramuka Penegak/Pendega,” lanjut Dr.Fory Naway, M.Pd
Pada akhir sambutannya Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gorontalo menuturkan  “semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, kepada adik-adik pramuka siaga selamat berlomba dan tampilkan yang terbaik, jangan pantang menyerah” kata Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gorontalo pada akhir sambutannya.



Republiknews.com 
Reporter : Sulistia Djafar

1 comment: