Ada Apa Dengan Muskotsus DPK PKPI Bitung ?

Ada Apa Dengan Muskotsus DPK PKPI Bitung ?

Minggu, 28 Juli 2019, Juli 28, 2019

BITUNG - DPK PKPI Bitung tengah dilanda gejolak internal. Situasi ini mencuat terkait pelaksanaan Musyawarah Kota Khusus (Muskotsus).

"Kami mempertanyakan komitmen pimpinan untuk pelaksanaan muskotsus. Pimpinan disini meliputi DPK dan DPP," ujar Ketua DPC PKPI Girian, Jenly Kemur, Minggu (28/7/2019).

Jenly yang saat itu didampingi Ketua DPC Matuari dan Ranowulu, Maxi Rompis dan Kiki Tangkere, membeber ikhwal sikap mereka. Mereka mempertanyakan kepastian pelaksanaan muskotsus tersebut.

"Karena sebelum ini sudah ada instruksi dari DPP (pengurus provinsi,red). Instruksi itu dalam bentuk surat yang menyatakan pelaksanaan muskotsus paling lambat tanggal 27 Juli ini. Nyatanya sekarang sudah hampir masuk Agustus belum juga dilaksanakan. Ada apa ? mana ketegasan dari DPP," tuturnya.

Jenly pun berharap agenda dimaksud segera dilaksanakan. Kalau bisa kata dia, agenda itu digelar sebelum pelantikan anggota DPRD Bitung terpilih. "Intinya, koordinasi dan komitmen itu perlu. Lebih cepat lebih baik. Sebab kita sudah harus bersiap untuk menghadapi pilkada tahun depan,"ucapnya.

Terpisah, Ketua DPK PKPI Bitung, Boy Gumolung, belum mau berkomentar banyak terkait hal ini. Ia hanya menyebut bahwa muskotsus pasti dilaksanakan.
"Kemungkinan besar setelah 12 Agustus nanti (pelantikan anggota DPRD Bitung terpilih,red),"singkatnya.

Sementara itu, Ketua DPP PKPI Provinsi Sulawesi Utara Ronald Pauner mengakui bahwa adanya surat DPP ke DPK PKPI Bitung. "Kami memang ada mengirim surat, yang isinya menginstruksikan DPK PKPI perlu menggelar muskotsus. Terkait tanggal 27 Juli, yakni deadline untuk jawaban terhadap surat tersebut, bukan deadline pelaksanaannya," terangnya saat dikonfirmasi via Whatsapp.

Ronald juga menuturkan, pihaknya telah menerima surat jawaban dari DPK PKPI Bitung terkait hal tersebut. "Tanggal 26 Juli, kami sudah menerima jawaban dari DPK PKPI Bitung, yang intinya mereka bersedia tapi meminta waktu ke DPP agar pelaksanaan Muskotsus digelar setelah pelantikan anggota DPRD Kota Bitung,"tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, kata Ronald, pihaknya (DPP) menyetujui permintaan dari DPK PKPI Bitung. "Pada prinsipnya DPP menyetujui hal itu, terkait kepastian tanggal pelaksanaannya nanti akan dirapatkan. Kemungkinan akan digelar setelah HUT RI. Paling lambat 21 Agustus,"tandasnya.

Diberitakan, pada 2016 lalu DPK PKPI Bitung menggelar konferkot. Mantan Walikota Bitung Almarhum Hanny Sondakh kembali terpilih sebagai Ketua DPK Kota Bitung Periode 2016-2021. Namun sayang, beberapa bulan kemudian yang bersangkutan meninggal dunia.

Nah, guna mengisi kekosongan ditunjuklah Boy Gumolung sebagai pengganti. Ia didaulat menjadi Plt. Ketua DPK PKPI Bitung hingga detik ini.(romi)

TerPopuler