GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

KEK Pariwisata Likupang - Manado Masuk Dalam Destinasi Super Prioritas


Republiknews .06,08 2019. Pariwisata di Manado ,Sulawesi Utara kian menggeliat dengan ditetapkannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwi

Salah satunya adalah obyek wisata di Likupang yang menjadi satu destinasi super  prioritas,  dari lima destinasi prioritas dalam program 10 Bali baru.

" Kelima destinasi super prioritas tersebut diantaranya Tanjung Gunung Bangka, Sungai Liat Bangka, Cikidang Sukabumi Jabar, Pangandaran Jabar dan Likupang Sulut," ucap Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam keterangan tertulis, Rabu (17,07,2019).

Memang  lima destinasi unggulan tersebut belum di populerkan karena masih dalam proses KEK Pariwisata,ungkap Arief.

Menurut Menteri Pariwisata, masuknya Likupang ke dalam jajaran destinasi super prioritas  karena kesiapan Pemerintah Daerah yang sudah mempersiapkan lahan.

Menurut laporan  pengusul calon KEK Likupang ini sudah siap,  dengan lahan yang clear and clean seluas 197 hektar, dan sisanya seluas kurang lebih 600 hektar dalam proses penyelesaian.

Sehingga luas total KEK Likupang mencapai hampir  800 hektar dengan nilai investasi sebesar Rp 7,1 triliun. Selanjutnya 16 dokumen persyaratan KEK juga sudah lengkap yang dikerjakan dalam 7 bulan dan saat ini tinggal menunggu pembahasan Dewan Nasional KEK,ujarnya

" Likupang merupakan 1 dari 5  destinasi unggulan yang diputuskan masuk dalam destinasi super prioritas dalam Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas di Istana Negara pada Senin, (15,7,2019)

" Saya tahu persentase progres perkembangan semua destinasi prioritas yang kita pantau. Performance Likupang misalnya, sampai kemarin sudah 171,4% dari target pekan ini atau realisasi kerjanya lebih cepat 71% dari rencana. Sukabumi dan Pangandaran masih 92%, lalu Tanjung Gunung dan Sungai Liat masih 85%. Dengan digital kita bisa membaca capaian, kinerja, dan keseriusan masing-masing destinasi," tutur Arief.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan 10 Bali Baru, Hiramsyah Sambudhy Thaib mengatakan pihaknya memantau destinasi super prioritas dengan Transformer Project Management System. Sampai pada Jumat (12/7/2019), capaian 4 destinasi super prioritas selain Likupang mencapai 114,10%.

 Hiramsyah menyampaikan  "ada 8 destinasi mencapai target di atas 100% dan 2 destinasi kurang dari 100% yaitu Danau Toba dengan pencapaian 98.60% dan Borobudur dengan pencapaian 95.09%.  dan kami yakin karena progres akan terus dipercepat,karena dibantu oleh semua stakeholder yang saling terkait."

Hiramsyah juga menyampaikan, akan langsung melakukan percepatan untuk menindaklanjuti 6 arahan Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas. 6 Arahan  yang dimaksud adalah " tata ruang, infrastruktur pendukung pariwisata, pembenahan pelabuhan, kesiapan SDM, atraksi wisata, dan promosi pariwisata secara besar-besaran yang terintegrasi" terang Hiramsyah . (Suryo)
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.