Menteri Pariwisata hadiri FPSL Kota Bitung ,Marinir Demontrasi Bebasankan Sandera

Menteri Pariwisata hadiri FPSL Kota Bitung ,Marinir Demontrasi Bebasankan Sandera

Senin, 07 Oktober 2019, Oktober 07, 2019

Bitung-Republiknews.com, 
Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dr Ir Arief Yahya MSc hadiri Opening Ceremony Festival Pesona Selat Lembeh q  ,kegiatan tahunan Kota Bitung tersebut  diisi dengan deretan rangkaian acara yang akan digelar diantaranya, Sailing Pass Di Selat Lembeh, Lomba Kapal Hias (Carnaval of The Sea), Festival Kuliner, Pentas Seni Danbudaya, Coral Plantation, 10 K, Thanks Giving Day, Jet Ski Dll
 
Ada yang lain dalam acara kali ini, Marinir mempersembahkan demonstrasi pembebasan sandera yang dibajak oleh kelompok bersenjata.

 Demonstrasi ini bertujuan, bahwa selat lembeh  yang menawan dengan biota lautnya aman bagi wisatawan mancanegara dan domistik karena dilindungi oleh marinir.

FPSL  merupakan inisiatif langsung dari masyarakat dikarenakan mayoritas penduduk Bitung berpenghasilan sebagai nelayan, berawal dari tahun 2013 semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Diketahui, FPSL 2019 telah masuk menjadi bagian dari “100 Calendar of Events Wonderful Indonesia” setelah terseleksi dari 6000 kegiatan seni budaya di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini,

Dengan tujuan memperkenalkan potensi hasil laut Kota Bitung serta mengenalkan pariwisata dikancah Nasional dan Internasional  Festifal Selat Pesona Selat Lembeh semakin populer.

Menteri Pariwisata sangat mengapresiasi  terselenggaranya FPSL 2019 telah masuk kalender of event nasional ke empat kalinya secara berturut-turut, hal itu bisa dikatakan jarang terjadi di Indonesia.

Adapun kriteria di tahun 2020 mendatang, untuk masuk dalam kalender of event nasional antaranya creative value (nilai dari koreografi, musik, baju), commercil value (berapa banyak mendatangkan wisatawan) dan komitmen, ungkap Arif.

Berdasarkan penilaian  pengembangan pariwisata Sulawesi Utara, Tahun 2019 Sulut merupakan Provinsi yang pertumbuhan pariwisatanya terbaik di Indonesia.

Dalam waktu 5 tahun, jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Utara tumbuh sebesar 518%, artinya pertumbuhan tersebut melejit sebesar 5 kali lipat. Hal ini hanya terjadi di Provinsi Sulawesi Utara di Indonesia,terang Arif dalam sambutanya.

Turut hadir dalam opening ceremony tersebut  diantaranya, Asisten 1 bidang pemerintahan dan Kesra Prov. Sulut (Edison humiang), Walikota Bitung (Max J. Lomban), Walikota Ternate (Burhan Abdurahman), Wakil Walikota Bitung (Maurits Mantiri), Wakil Walikota Ambon (Syarif Hadler), Sekda Tidore (Asrul Sani Soelaiman), dan Konsul Jenderal USA (Mark Mc Govern). (Suryo).

TerPopuler