Pembangunan Penambahan Landasan Pacu (runway) Bandara Rendani Akan Segera di Bahas Bersama Kemenhub

Pembangunan Penambahan Landasan Pacu (runway) Bandara Rendani Akan Segera di Bahas Bersama Kemenhub

Minggu, 13 Oktober 2019, Oktober 13, 2019
( foto: Kepala Bandar Udara Rendani, Juli Mujiono )




Manokwari-  Republiknews.com
Salah satu program pemerintah pusat melalui kementerian perhubungan dalam hal untuk mendukung program MP3EI yaitu merencanakan pembangunan dan pengembangan beberapa bandar udara guna meningkatkan konektivitas penerbangan nasional.

Dalam pengembangan di beberapa bandar udara, unit penyelenggara bandar udara (UPBU) Rendani salah satu bandar udara yang mendapat perhatian serius dari kementerian perhubungan untuk menambah panjang landasan pacu (runway) sepanjang 300 meter yang saat ini Bandara Rendani memiliki panjang (runway) sekitar 2.000 meter x 45 meter.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Rendani Manokwari Provinsi Papua Barat,  Juli Mujiono mengatakan saat di sambangi di ruang kerjanya, jumat (11/10).

" Saat ini, Bandara Rendani memiliki panjang (runway) sekitar 2.000 meter x 45 meter. Perpanjangan landasan pacu ini bertujuan agar Bandar udara rendani bisa didarati pesawat ukuran besar, dengan ukuran yang lebih besar, sehingga bisa meningkatkan ekonomi wilayah Manokwari dan Papua Barat secara umum," kata Juli.

Juli menambahkan, bahwa
untuk pembahasan terkait pengembangan bandara Rendani,  pihak kementerian telah mengundang pemerintah daerah provinsi papua dan instansi terkait lainya yang ikut pro aktif dalam pembangunan bandara Rendani.

" Minggu ini kami ada rapat bersama sama di kementerian perhubungan bersama pak menteri, gubernur papua barat, bupati manokwari serta instansi lainya yang ikut andil dalam pembangunan bandara rendani.
langkah langkah untuk persiapan baik dari segi anggaran, desain, kontruksi dan lainya untuk pembangunan secepatnya harus selesai, " terangnya.

Secara khusus dirinya menyampaikan apa yang sedang dilakukan di Bandara Rendani, serta mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah,  baik Gubernur dan Bupati serta masyarakat yang sudah memberikan support, untuk pengadaan tanah dan pembuatan tiang pancang yang sementara dikerjakan.

" Insya Allah pembangunan penambahan landasan pacu (runway) sepanjang 300 meter untuk bandara Rendani segera direalisasikan dalam waktu dekat ini. Kita juga akan mengupayakan ada perbaikan di terminal, tapi kita harus melakukan evaluasi besaran-besaran yang akan dilakukan, sehingga kedepan bandara rendani manokwari makin bagus, " tutup pria asal semarang ini.

Beberapa waktu lalu, Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi berkunjung ke Manokwari dan menyampaikan akan melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi Papua Barat dalam rangka pembangunan proyek bandara, serta mengundang gubernur dan bupati dan meminta proposal lebih lengkap mengenai pembebasan lahan maupun rencana anggaran di daerah masing masing.

Dalam lawatan kunjungan kerja ke Manokwari, menteri Budi juga membahas tentang Proyek pembangunan bandara yang rencananya akan final pada 14 Oktober ini, dan pembangunanya bisa dimulai pada 2019 atau 2020 mendatang, sehingga program ini bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan bersama. (OTN)

TerPopuler