Pelayanan Dan Sumber Daya Kesehatan, Prioritas Utama Dinas Kesehatan Teluk Wondama

Pelayanan Dan Sumber Daya Kesehatan, Prioritas Utama Dinas Kesehatan Teluk Wondama

Selasa, 19 November 2019, November 19, 2019
Foto: Kepala Dinas Kesehatan dr.Habel I. Y. Pandelaki MM.

Wasior, Republiknews.com 
Dinas Kesehatan mempunyai tugas  menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah di bidang kesehatan untuk  membantu Kepala Daerah dalam menyelenggarakan urusan Pemerintahan
Perumusan, penetapan dan
pelaksanaan kebijakan operasional  di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, dan kefarmasian, alat  kesehatan, dan sumberdaya kesehatan.

" Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Kesehatan kabupaten teluk wondama mempunyai fungsi membantu bupati dalam melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan yang meliputi kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan, dan salah satu program visi misi bupati Bernadus imburi dalam bidang kesehatan, " hal tersebut di tegaskan oleh kepala dinas kesehatan kabupaten teluk wondama dr. Habel I. Y. Pandelaki MM saat di temui di ruang kerja.

Salah satu pendekatan layanan yang optimal adalah, dengan melakukan upaya dalam hal standarisasi petugas tenaga kerja yang ada di unit layanan puskesmas itu sendiri

" Untuk tenaga petugas puskesmas yang ada di teluk wondama masih perlu Pendataan ulang, karena sebaranya tidak merata sesuai kebutuhan yang diharapkan, mengingat sebaran petugas puskesmas paling dominan  berada puskesmas kota di wondiboi dan kota wasior, dan itu salah satu faktor yang kami hadapi saat ini " beber dr. habel.

Kita tidak bisa salahkan kebijakan sebelumnya, baik masalah keluarga, pribadi dan masalah adat dll, sehingga petugas lebih memilih bertugas dikota ketimbang di daerah terpencil.

" Selain kendala di petugas puskesmas, juga masih kekurangan tenaga dokter ahli penyakit dalam dan dokter gigi. faktor pendukung juga yang paling pengaruh di beberapa puskesmas baik di kota maupun di pedalaman, mengenai pemahaman bagi warga  sakit dan sehat belum maksimal seperti kita harapkan, dan ini harus kita tata ulang bersama agar kedepan kesehatan terakomodir dengan baik, " ungkapnya.

Dalam hal kesehatan memang saat ini belum bisa menjawab tantangan semua. tapi kalau di banding beberapa tahun lalu,  boleh dibilang layanan kesehatan sudah bagus karena akses komunikasi dan transportasi darat seperti wasior-manokwari, wasior-nabire sudah bisa terhubung antar lintas sektor sehingga para  petugas medis dengan mudah menempuhnya.  itu tidak lain adalah kebijakan bupati dan pemerintah pusat sehingga kabupaten teluk wondama semakin maju.

" Saya hanya bisa berharap, sistim dibangun sesuai aturan, begitu pula tenaga medis di tata, serta pembiayaan juga di atur dengan baik. dan ini mudah mudahan bisa berjalan dengan baik pula, karena komitmen pemerintah menuju wondana  emas bisa terwujud, " tutup pria peraih dokter teladan irian jaya ini. (OTN)

TerPopuler