GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Bantu PMI Hadapi Pandemi Covid-19, Kodam XVIII/Kasuari Gelar Donor Darah



Manokwari. kasuari18 -Republiknews. Com,  Kegiatan donor darah ini digelar guna membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengatasi kekurangan persediaan darah akibat _social distancing_ yang diterapkan pemerintah untuk menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Hal ini dikatakan Ketua Pelaksana Donor Darah Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Ckm M. Dani dari Kesehatan Kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari disela-sela penyelenggaraan kegiatan donor darah, Rabu (8/4/2020) di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Pendonor darah terdiri dari para personel Makodam XVIII/Kasuari dan prajurit Yonif 761/Kibibor Akinting.

Menurut M. Dani, kegiatan donor darah seperti itu juga digelar oleh satuan jajaran TNI AD di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka membantu pemenuhan ketersediaan darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI), sebagai akibat dari penerapan _social distancing_ dalam pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan darah, khususnya di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, Provinsi Pupua Barat," ujarnya.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Manokwari, H. Yusran Mahdani mengungkapkan, sebagaimana kegiatan rutin dilakukan setiap tahunnya, kerja sama antara TNI AD dalam hal ini Kodam XVIII/Kasuari dan PMI dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah, maka pada tahun 2020 ini Kodam dan PMI kembali melaksanakan kegiatan serupa, ditengah-tengah suasana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Papua Barat.

“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kodam XVIII/Kasuari atas pelaksanaan donor darah ini, dimana hal ini tentu sangat membantu PMI dalam penyediaan darah di Manokwari,” ungkapnya.

"Di masa-masa sulit sekarang ini dengan adanya pandemi Covid-19, kami kesulitan untuk melakukan kegiatan _mobile unit_ yakni kegiatan pemeriksaan atau donor darah di luar, namun Kodam terus konsisten untuk melakukan kegiatan donor, sehingga ini sangat membantu ketersediaan darah di Manokwari," tambahnya.

“Kami harapkan kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana, mungkin secara periodik tiga bulan sekali, sehingga ketersediaan darah di Manokwari bisa tercukupi,” tutup Ketua PMI Kab.Manokwari.

Dalam pelaksanaannya, donor darah kali ini dapat mengumpulkan 28 kantong darah dari para pendonor warga Kodam XVIII/Kasuari.(E)
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.