Pangdam XII/Tpr Tutup Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2019

Pangdam XII/Tpr Tutup Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2019

Sabtu, 18 April 2020, April 18, 2020


Singkawang, Republiknews. Com-- Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II TA.  2019 di Secata Rindam XII/Tanjungpura resmi ditutup oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. Upacara penutupan pendidikan digelar dengan tetap mempedomani protokol kesehatan di Tribun Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr, Jalan Pasir Panjang, Kota Singkawang.Sabtu (18/4/20) .

Penutupan Dikmata dan pelantikan oleh Pangdam XII/Tpr ditandai, dengan penyumpahan sebagai prajurit TNI kepada 500 orang siswa. Selain itu juga digelar pengalungan medali kepada 3 perwakilan siswa terbaik. Siswa Terbaik I diraih oleh Prajurit Dua Bandrianto dari Palangka Raya. Terbaik II atas nama Prajurit Dua Albert Cristi dari Sintang dan Terbaik III atas nama Prajurit Dua Agustiawan dari Sintang.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam amanatnya, mengucapkan selamat kepada para prajurit Tamtama atas keberhasilannya dalam menyelesaikan seluruh proses pendidikan.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, sebagai tindaklanjut kebijakan Pimpinan TNI AD khususnya bidang Personel yang salah satunya yaitu, pendidikan merupakan bagian dari peningkatan kapasitas prajurit dalam pengembangan sumber daya manusia dengan parameter penentuan personel calon peserta didik dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, jasmani dan penilaian kerja individu yang mekanisme pelaksanaannya diserahkan kepada Kotama/Balakpus.

"Kodam XII/Tpr sebagai Kotama jajaran TNI AD menindaklanjuti kebijakan Pimpinan untuk memperoleh calon peserta didik yang terbaik, dan dengan melalui Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang II TA 2019 (OV) ini diharapkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan tugasnya sebagai Tamtama TNI AD," ujarnya.

Disampaikannya juga, pendidikan Tamtama yang telah dilaksanakan, bertujuan untuk membentuk prajurit siswa untuk menjadi Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan dan golongan Tamtama serta jasmani yang samapta.

"Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah bagi para Tamtama atau prajurit baru, menandakan telah berakhirnya Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD, dengan demikian secara resmi para Tamtama sekalian telah memperoleh status sebagai prajurit TNI AD dengan berpangkat Prajurit Dua," terangnya.

Selanjutnya mengatakan, pada tahap pendidikan selanjutnya, bagi para prajurit yang mendapat kecabangan Infanteri akan melaksanakan pendidikan lanjutan di Rindam XII/Tpr, sedangkan untuk kecabangan selain Infanteri akan melanjutkan pendidikan di pusat pendidikan sesuai kecabangan masing-masing. Untuk itu ditegaskan olehnya, para prajurit untuk menyiapkan mental dan fisik serta ilmu yang diperoleh pada Tahap Pertama sehingga dapat mengikuti pendidikan Tahap Kedua dengan lancar sesuai yang diharapkan.

"Manfaatkan waktu yang ada untuk mengasah kemampuan dan menjaga kesehatan, melalui pola hidup sehat serta menjaga kebersihan diri maupun lingkungan agar tidak terjangkit wabah virus corona yang sampai saat ini sangat meresahkan kita semua," tegasnya.

Selain melaksanakan penutupan pendidikan, Pangdam XII/Tpr juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada Gumil dan Pelatih terbaik Secata Rindam XII/Tpr. Adapun yang menerima, Gumil Perwira Terbaik diraih oleh Letkol Inf Armen, S.Ag., Bintara Pelatih Terbaik diraih Serma Hutahuruk dan Pelatih Jasmani Militer Terbaik diraih oleh Serma Ardo. (Pendam XII/Tpr)

TerPopuler