GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Gerakan Pandu Laut Nusantara, Merayakan 73 tahun Indonesia Merdeka



Republiknews- Bitung
Gerakan Pandu Laut Nusantara, merayakan 73 tahun Indonesia di lebih dari 76 lokasi pantai dari Aceh sampai Papua di seluruh Indonesia.minggu, 10/8/2018, di hadiri oleh menteri Kelautan dan Perikanan

Gerakan Menghadap Laut ini merupakan gerakan kepedulian laut terbesar yang pernah ada di Indonesia yang dilakukan secara sukarela serta melibatkan lebih dari 20.000 orang dipimpin oleh Ibu Susi Pudjiastuti selaku pembina utama Pandu Laut Nusantara  bersama 341 mitra yang terdiri dari kelompok masyarakat, komunitas masyarakat adat, nelayan, mahasiswa dan kelompok-kelompok pemerhati lingkungan termasuk kelompok swasta pelaku wisata, musisi, seniman dan publik figure lainnya, bersama-sama “menghadap laut” dan merawat serta membersihkan pantai-pantai Indonesia.

Salah satu lokasi yang berpartisipasi dalam aksi Menghadap Laut adalah Bitung, Sulawesi Utara.

Bertempat di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung, aksi ini dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti Ridho Hafiedz, Ony Serojawati, Bustar Maitar dan Aprika Rani. Dimulai dengan kegiatan bersih-bersih pantai di sekitar PPS Bitung, kemudian dilanjutkan dengan audit sampah dan diakhiri menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil menghadap ke Laut.

Kedatangan orang nomor satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut disambut Sekda Kota Bitung Audy Pangemanan dan Ketua TP-PKK Kota Bitung yang juga merupakan Ketua POSSI Bitung Ny Khouni Lomban Rawung.
 Sekda Bitung Audy Pangemanan mengaku menyambut dengan tangan terbuka serta bangga dengan kunjungan Menteri

Dalam penyampainnya, Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia. “Sampah plastik sangat berbahaya, gerakan ini sebagai bagian dari komitmen kita mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025,” ucap Menteri Susi.

Dirinya melihat gerakan menghadap laut menunjukan kepedulian masyarakat pada laut Indonesia, aksi ini menjadi salah satu gerakan penting dalam menunjang target Bangsa sebagai Poros Maritim Dunia.

“Hari ini kita melihat kepedulian yang luar biasa dari masyarakat Indonesia yang bergerak sukarela di 76 titik dan 24 kapal bergabung di titik titik berbeda” ucap Menteri Susi.

Sebagai pembina Gerakan Pandu Laut Nusantara, Menteri Susi pun mengucapkan terimakasih atas bantuan para pihak yang ikut dalam menyukseskan Gerakan Menghadap Laut antara lain kelompok masyarakat, komunitas masyarakat adat, nelayan, mahasiswa dan kelompok-kelompok pemerhati lingkungan termasuk kelompok swasta pelaku wisata, musisi, seniman dan public figure ikut dalam Gerakan Menghadap Laut.

Sementara itu, Bustar Maitar, Ketua Umum Pandu Laut Nusantara mengatakan “Indonesia harus merdeka dari sampah plastik, pemerintah harus lebih serius dalam melarang penggungaan plastik sekali pakai. Kegiatan hari ini adalah upaya membangun gerakan kerelawanan oleh masyarakat Indonesia untuk merdeka dari sampah plastik. Keswadayaan masyarakat hari ini dalam bersama merawat laut adalah bagian dari kekuatan bersama untuk merawat Indonesia” ucap Bustar.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan video call antara daerah lain yang melakukan kegiatan serupa.

Sarwono Kusumaatmadja, Menteri Lingkungan Hidup 1993-1998 mengatakan dirinya mengapresiasi Gerakan Pandu Laut Nusantara hadir dan bergerak tepat waktu di tengah kecemasan dan keprihatinan yang memuncak terhadap pencemaran laut khususnya oleh limbah plastik. “Kegiatan bersih-bersih laut dan pantai yang diadakan serentak di seluruh Nusantara dalam suasana perayaan hari kemerdekaan mudah- mudahan bisa tumbuh menjadi budaya bersih yang akan memaksa kita menganut pola kehidupan berwawasan lingkungan demi masa depan generasi mendatang“ ucap Sarwono.

Kegiatan ini digerakkan langsung oleh Sekretariat Pandu Laut Nusantara, Yayasan EcoNusa bersama kelompok-kelompok masyarakat secara swadaya diseluruh Indonesia. Diharapkan dapat menjadi ajang edukasi efektif bagi masyarakat pesisir akan kerugian dan bahaya membuang sampah ke laut.

Ketua Himpunan Pengusaha Kecil dan Menengah Bitung Jefri Sagune meminta Pemerintah Daerah setempat untuk membantu pengelolaan sampah di kawasan pesisir. Khusus di Bitung, Pemerintah diminta untuk aktif dalam composting sampah.“Ini yang kami harapkan, karena sampai sekarang belum ada composting demikian,” terang dia.



Republiknews.com/ Suryo, Romi A 
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.