GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado,peringatan Hari Dharma Samudera 2019 dengan Taburbunga dan Nobar


Republiknews- Sulut
Upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2019 akan digelar Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado dengan Inspektur Upacara (Irup), Wakil Komandan Lantamal VIII, Kolonel Laut (P) Rumpoko. Kemudian dilanjutkan dengan upacara Tabur Bunga di Dermaga Samla Bitung.(15,01,2019)

Sementara Upacara Tabur Bunga akan dipimpin Danlantamal, Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta,” ujar Kadispen Lantamal VIII, Mayor Laut (T) Jusuf Ali

Sementara pada malam harinya,Pangkalan Utama TNI AL VIII (Lantamal VIII) Manado akan mengelar nonton bareng (Nobar) Film Mengenang Pertempuran Laut Arafuru dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2019.
Nobar rencananya akan digelar di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal VIII Manado pada hari Selasa malam tanggal 15 Januari 2019 pukul 20.00 WITA .

Film pertempuran laut Arafuru menceritakan tentang pertempuran hebat yang terjadi di Laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962 yang mengisahkan bagaimana perjuangan Angkatan Laut Indonesia dalam merebut Irian barat yang dikuasai Belanda. Di pertempuran tersebut, Komodor Yos Sudarso gugur dan tenggelam bersama KRI Macan Tutul. Sebelum tenggelam Komodor Yos Sudarso menyerukan pesan terakhirnya yang legendaris, *“Kobarkan Semangat Pertempuran”*.

Menurut Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (T) Jusuf Ali, film ini menceritakan tentang semangat juang Angkatan Laut dalam mengangkat wibawa NKRI. Pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru pada tgl 15 Januari 1962, dengan kemampuan alutsista yang terbatas Komodor Yos Sudarso dengan gagah berani tampil membela Tanah Air untuk tetap tegaknya NKRI, bahkan dengan rela mengorbankan nyawanya sendiri untuk bumi pertiwi.

Menurutnya, nobar ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengingatkan kembali dan menularkan semangat pertempuran Komodor Yos Sudarso dalam merebut Irian Barat.

“Kami berharap, melalui Nobar ini, penonton bisa meneladani semangat pertempuran Komodor Yos Sudarso dan pengorbanannya demi menjaga wibawa NKRI dan demi tegaknya NKRI dan harus diteruskan kepada generasi penerus bangsa Indonesia saat ini,” terangnya.


www.republiknews.com
Suryo
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.