Dinas ESDM Sulut Gelar Rapat Pembahasan Permasalahan Minerba Bersama Para Pelaku Usaha Pertambangan -->

Dinas ESDM Sulut Gelar Rapat Pembahasan Permasalahan Minerba Bersama Para Pelaku Usaha Pertambangan

Rabu, 19 Februari 2020, Februari 19, 2020

Sulut, Republiknews.com
Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) daerah Provinsi Sulawesi Utara, mengundang semua pelaku dan pengusaha tambang mineral dan batubara(minerba), pada rabu(19-02-2020).

Pertemuan ini membahas permasalahan  administratif yang sering dihadapi oleh para pelaku dan pengusaha minerba yang ada di Sulut.

Kepala Bidang Pertambangan ESDM  Sulut, Jimmy Mokolensang menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan agar para pelaku usaha pertambangan supaya memahami persoalan aturan yang ada terkait pelaporan yang harus disampaikan kepada Dinas ESDM Provinsi setiap tiga bulan dan setiap tahunnya.

" karena mereka kadang tidak melakukan pelaporan setiap tri wulan dan tahunan. Sedangkan mereka sudah memegang Ijin Operasi Produksi." Jelas Jimmy.

Menurutnya, para pelaku usaha minerba sering mengabaikan kewajiban pelaporan tersebut.

Sementara ESDM Sulut berharap, dengan adanya data tersebut, maka rancangan kerja dan biaya para pelaku usaha pertambangan, saat ini dan tahun berikutnya dapat dituangkan dalam pelaporan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas ESDM  Sulut, Fransiscus Maindoka dalam rapat pembahasan tersebut  mengakui bahwa banyak laporan terkait permasalahan administratif. 

Terkait persoalan itu, dirinya mengatakan"  tahun ini akan kami upayakan supaya terpenuhi." Terang Maindoka.

Dihadapan undangan yang hadir, dirinya menambahkan bahwa wawasan perubahan yang ada diharapkan para pelaku usaha minerba,  selain mengejar keuntungan perlu juga memahami ketentuan-ketentuan yang ada sebagai panduan.

" Tentu kami akan jalan nanti untuk menemui yang belum hadir saat ini, ini wajib hukumnya bagi para pemegang Ijin Usaha Pertambangan(IUP), karena itu kewajiban kami utk memberitahukan kepada para pemegang  IUP." jelas Fransiscus.

" dipertemuan ini kita lebih mengakrabkan diri antara kami dengan para pemegang IUP. Salah satunya adalah kewajiban dan tanggung jawab oleh pemegang SIUP.  Kami punya kebijakan untuk memperlancar pengurusan semua ijin, itu karena  komitmen kami untuk selalu mempermudah." tutup Fransiscus. (Greng/tzr)

TerPopuler