Antisipasi Wabah Virus Corona, TMMD ke-107 Kodam XII/Tpr Digelar Tanpa Upacara Pembukaan -->

Antisipasi Wabah Virus Corona, TMMD ke-107 Kodam XII/Tpr Digelar Tanpa Upacara Pembukaan

Senin, 16 Maret 2020, Maret 16, 2020


Kubu Raya, Republiknews. Com-
Dalam rangka percepatan pembangunan khususnya di pedesaan, Kodam XII/Tanjungpura pada hari ini menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107. TMMD ke-107 dilaksanakan di tiga wilayah Kodim jajaran Kodam diantaranya di Kodim 1011/Kuala Kapuas, Kodim 1204/Sanggau dan Kodim 1207/Berdiri Sendiri. TMMD ke-107 kali ini mengangkat tema,"TMMD Pengabdian Untuk Negeri.Senin (16/3/20)

Hal ini disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., di Makodam XII/Tpr. Disampaikan juga, untuk upacara pembukaan TMMD kali ini ditiadakan hal ini mengacu pada ST Kasad No ST/871/2020 tanggal 13 Maret 2020 tentang Kewaspadaan terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease 2019  (Covid-19) bagi Prajurit TNI AD dan ST Pangdam XII/Tpr No ST/425/2020 tanggal 14 Maret 2020 tentang Pelaksanaan TMMD tetap dilaksanakan, namun upacara pembukaan TMMD ditiadakan.

"Hanya upacara pembukaannya saja yang ditiadakan, namun untuk pekerjaan TMMD langsung dimulai, hal ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah wabah virus Corona," kata Kapendam XII/Tpr.

Lanjutnya menerangkan, khususnya di Kodam XII/Tpr, TMMD digelar di tiga Kodim. Diantaranya di Kodim 1011/Klk yang dilaksanakan di Desa Terusan Baguntan Raya dan Desa Terusan Karya dengan sasaran fisik berupa pembukaan badan jalan dengan panjang 4 Km dan lebar 7 m, pembuatan jembatan sebanyak 9 unit dan perehaban 1 unit masjid. Untuk di Kodim 1204/Sgu dilaksanakan di Desa Sungai Batu, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau dengan sasaran fisik peningkatan jalan sepanjang 11,6 Km dengan lebar 8 meter, pembangunan 2 unit jembatan dan perehaban 1 unit jembatan.

Kemudian untuk di Kodim 1207/BS TMMD dilaksanakan di Desa Pal Sembilan, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya. Adapun sasaran fisiknya adalah rabat beton sepanjang 1200 meter dengan lebar 3 meter serta pembangunan 13 unit jembatan.

"Selain melaksanakan pembangunan fisik, Satgas TMMD juga akan melaksanakan pembangunan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat yang menjadi lokasi TMMD," ujar Kapendam.

Dikatakan olehnya, TMMD ke-107 ini akan dilaksanakan selama tiga puluh hari terhitung mulai dari tanggal 16 Maret sampai dengan 14 April 2020.

"Adapun tujuan dari TMMD kali ini adalah untuk membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik dan non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat," jelas Kapendam.

"Pelaksanaan TMMD ke-107 adalah sebagai wujud pengabdian TNI kepada bangsa dan negeri ini," tambahnya.

Selanjutnya mengatakan, dalam kegiatan TMMD ini Kodam XII/Tpr melibatkan personel dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, Polri serta Pemda, yang tergabung dalam Satgas TMMD. Yang mana Satgas bersama-sama masyarakat akan bahu membahu merampungkan seluruh sasaran pembangunan baik fisik maupun non fisik. (Tpr)

TerPopuler