Dinas Pendidikan Kota Bitung Dukung Program "Belajar Dari Rumah" Lewat Tayangan TVRI -->

Dinas Pendidikan Kota Bitung Dukung Program "Belajar Dari Rumah" Lewat Tayangan TVRI

Minggu, 12 April 2020, April 12, 2020
Kadis Pendidikan kota Bitung,  Julius Ondang

Republiknews. Com,  Bitung-
Penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia semakin berdampak hingga ke segala sektor.  Tidak terkecuali dunia pendidikan.

Untuk itu,  sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, Mendikbud RI, Nadiem Makarin memberikan sebuah solusi bagi pelajar di Indonesia.

Proses pembelajaran bagi peserta didik tetap berjalan,  namun saat ini berbeda dengan sebelumnya.

Hal ini merupakan respon kemendikbud terhadap masukan komisi X DPR RI pada rapat 27 maret 2020 lalu.

Para siswa akan mengikuti pelajaran sekolah lewat siaran tv yang ditayangkan oleh TVRI, terhitung mulai senin besok, pada 13 april 2020.

Siaran TVRI dengan nama" Program Belajar Dari Rumah" ini, dijadwalkan mulai pukul 08:00 hingga pukul 15:00, dan dapat diikuti oleh semua jenjang pendidikan kecuali perguruan tinggi.

Berikut jadwal penayangannya:
08.00-08.30 materi PAUD

08.30-09.00 materi SD kelas 1 sampai 3

10.00-10.30 materi SD kelas 4 sampai 6

10.30-11.00 materi SMP

14.00-14.30 materi SMA

14.30-15.00 materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru

Selain penayangan pembelajaran dari pagi hingga sore,  pada siaran malam hari akan ada film edukasi untuk anak.

Sementara untuk kota Bitung, Kadis Pendidikan Julius Ondang berharap " program belajar dari rumah"  merupakan sebuah cara yang efektif bagi pendidikan saat ini ditengah wabah covid-19.

"ini salah satu solusi sehingga anak-anak juga walaupun libur,  mereka ada tambahan pengetahuan dan wawasan sehingga tidak ada keterbelakangan di soal materi yang mereka lakukan di rumah" ujar Kadis Pendidikan Kota Bitung,  Julius Ondang.

Dirinya menambahkan,  terkait dengan pandemi di dunia maupun di Indonesia,  khususnya kota Bitung dimana siswa dirumahkan namun bukan berarti libur, dengan proses pembelajaran secara e-learning.

Pembelajaran jarak jauh ini,  sudah dilaksanakan selama tiga pekan,  namun banyak orang tua yang mengeluh, bahwa mereka tidak memiliki kemampuan untuk selayaknya menjadi seorang guru.

"Sehingga kemendikbud berinisiasi dengan pustekom untuk menyelenggarakan program rumah belajar yang akan dimulai besok senin 13 april 2020 " jelas Ondang.

Demi kelancaran program ini,  selaku Dinas Pendidikan kota Bitung telah menyampaikan kepada seluruh kepala sekolah dan staf dewan guru untuk memonitor kegiatan yang akan dimulai besok hari.  (MTM)











TerPopuler