GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Ditengah Pandemi Corona, Kodam XII/Tpr Sukses Gelar TMMD Ke-107 di Tiga Wilayah



Kubu Raya,Republiknews. Com- Selasa (14/4/20) - Kodam XII/Tanjungpura sukses menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107. Meskipun dilaksanakan ditengah pandemi wabah Corona, TMMD yang dilaksanakan di tiga wilayah diantaranya Kodim 1011/Kuala Kapuas, Kodim 1204/Sanggau dan Kodim 1207/Berdiri Sendiri dapat diselesaikan tepat waktu.

Pekerjaan TMMD baik pembangunan fisik dan non fisik seluruhnya dapat diselesaikan oleh Satgas TMMD Kodam XII/Tpr dengan baik. Tentunya hal ini tidak terlepas dari adanya kerja sama dan dukungan pemerintah daerah juga seluruh lapisan masyarakat sehingga TMMD ke-107 berlangsung sukses dan lancar.

Demikian disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., di Kantor Pendam XII/Tpr.

"Alhamdulilah meski di bawah ancaman wabah Covid-19, nyatanya tidak menyurutkan niat baik dan keikhlasan para prajurit Kodam XII/Tpr untuk membangun negeri. Sehingga seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan tuntas, dan hari ini secara resmi TMMD ke-107 dinyatakan ditutup," ujarnya.

Disampaikan juga, penutupan TMMD ke-107 kali ini digelar tanpa upacara. Penutupan ditandai dengan penyerahan berita acara hasil pekerjaan TMMD oleh Dansatgas TMMD kepada Pemerintah Kabupaten masing - masing. Hal ini dilakukan untuk menghindari berkumpulnya massa guna mencegah penyebaran virus corona.

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan, atas kegigihan, kebersamaan dan kegotongroyongan Satgas TMMD dan masyarakat telah berhasil membangun wilayah pedesaan, atau membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata melalui pembangunan infrastruktur pedesaan.

Dirincikan olehnya, Satgas TMMD Kodam XII/Tpr pada TMMD ke-107 ini telah membangun sasaran fisik diantaranya, untuk di Kodim 1011/Klk yang dilaksanakan di Desa Terusan Baguntan Raya dan Desa Terusan Karya Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas berhasil membangun jalan sepanjang 4.000 Meter dengan lebar 4 Meter. Membangun jembatan sebanyak 9 unit dan berhasil merehab 1 buah masjid.

Untuk di Kodim 1204/Sgu yang dilaksanakan di Desa Sungai Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Satgas TMMD berhasil melaksanakan peningkatan badan jalan 11.600 Meter. Berhasil menyelesaikan pembuatan 2 unit jembatan ukuran 4 x 4 meter dan perehaban 3 unit jembatan ukuran 4 x 4 Meter, 4 x 5 Meter dan 4 x 6 Meter. Serta berhasil memasang 2 unit gorong-gorong.

Untuk di Kodim 1207/BS yang dilaksanakan di Desa Pal Sembilan, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Satgas TMMD berhasil melaksanakan pembangunan fisik berupa rabat beton jalan sepanjang sepanjang 1.200 Meter. Dan telah melaksanakan pembuatan jembatan sebanyak 13 unit.

"Dari seluruh pembangunan infrastruktur TMMD ke-107 ini akan sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi terutama hasil pertanian masyarakat. Awalnya tidak bisa terjual sekarang bisa terjual karena jalan yang semula kecil dan tidak bisa dinaiki kendaraan bermotor sekarang bisa," terangnya.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mewakili Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemerintah Daerah yang wilayahnya menjadi sasaran TMMD atas kerja sama dalam persiapan penyelenggaraan, khususnya dalam hal dukungan anggaran yang dialokasikan dalam kegiatan fisik maupun non fisik.

"TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mempersiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh. Untuk itu kedepan program kerjasama ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan demi pemerataan pembangunan untuk masyarakat," tukasnya.

Keberhasilan TMMD ke-107 oleh Kodam XII/Tpr mendapat apresiasi dari Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si. Dirinya memberikan apresiasi yang baik atas kerjasama Pemda Saggau dengan Kodam XII/Tpr melalui TMMD ke-107.

Dirinya menyampaikan, Pemda Sanggau setiap tahunnya akan menyiapkan anggaran untuk TMMD. Pemda Sanggau cukup puas atas hasil yang dicapai selama TMMD. Kegiatan fisik sudah tepat waktu dan tepat sasaran. Dan tentu hasilnya sangat bermanfaat khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Masyarakat yang biasa harus menempuh 1-1,5 jam sekarang 5 sampai dengan 10 menit saja. Peningkatan akses jalan yang ada sangat membantu masyarakat," ujarnya.

Bupati Sanggau berharap kerjasama antara Pemda dengan TNI melalui TMMD terus berlanjut. Guna percepatan pembangunan di wilayah Sanggau.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kadus Jonti, Susilo. Mewakili masyarakat dirinya mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan TMMD ke-107 di wilayahnya.

"Terimakasih atas kegiatan TMMD yang membangun jalan. Dengan jalan ini sangat mempermudah aktifitas masyarakat mengangkut hasil panen kami," pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.