Kodam XVIII/Kasuari Ikuti _Vicon_ Dengan Mabesad Tentang Rakernis TMMD Ke-108 TA 2020 -->

Kodam XVIII/Kasuari Ikuti _Vicon_ Dengan Mabesad Tentang Rakernis TMMD Ke-108 TA 2020

Selasa, 09 Juni 2020, Juni 09, 2020

Manokwari. kasuari18– Republiknews.com- 
Untuk menyukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Tahun Anggaran (TA) 2020, Markas Besar  Angkatan Darat (Mabesad) menggelar _Video Conference_ (Vicon) Rapat Kerja Teknis (Rakernis) TMMD 108, yang dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., membahas berbagai hal yang menyangkut rencana penyelenggaraan TMMD ke-108, yang akan dimulai dalam waktu dekat ini.

Satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang mendapat kepercayaan menyelenggarakan kegiatan TMMD 108 yang akan dimulai pelaksanaannya pada 30 Juni hingga 29 Juli 2020 tersebut yakni Kodim 1805/Raja Ampat. Adapun wilayah atau daerah yang menjadi sasaran objek pembangunan fisik dan non fisik TMMD 108 adalah Distrik Teluk Mayalibit, Kampung Warsambin.

_Vicon_ ini diikuti Kodam XVIII/Kasuari pada Selasa (9/6/2020) dari Ruang Puskodalops Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat, dengan pimpinan Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein, dengan didampingi Waaster dan Wakapendam XVIII/Kasuari.

Dalam _Vicon_ tersebut, Aster Kasad menyampaikan bahwa kegiatan TMMD bersifat lintas sektoral, sehingga semua kementerian/lembaga dan _stakeholder_ itulah yang berperan dalam pembinaan daerahnya masing-masing.

Di dalam TMMD 108 kali ini, lanjut Aster Kasad, TNI AD bekerja sama dengan 11 kementerian yang mempunyai misi dan tugas masing-masing, yang diarahkan kepada sasaran prioritas, yaitu daerah miskin, tertinggal, terisolir, dan terpencil, juga daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan, dan pulau terluar, serta daerah terkena bencana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, TMMD ke-108 memiliki sasaran fisik dan sasaran non fisik. Sementara itu sasaran yang akan dikerjakan dalam TMMD merupakan usulan dari daerah itu sendiri dan dilanjutkan ke atas ( _bottom up_). Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, itu yang dikerjakan di TMMD.

Pada kegiatan TMMD 108 TA. 2020, sebagaimana di TMMD tahun-tahun sebelumnya, juga digelar Lomba Karya Jurnalistik TMMD, yang akan diikuti oleh peserta internal TNI AD (Dansatgas TMMD/Dandim dan Kapendam) dan peserta dari kalangan jurnalis atau media massa (cetak, online, dan elektronik), baik yang ada di pusat maupun di daerah.

"Mudah-mudahan dengan lomba karya jurnalistik ini juga bisa memacu daerah-daerah yang lain untuk bersama-sama membangun masyarakat di desa," kata Aster Kasad.

Aster juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang  masih bisa mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan TMMD yang ke-108.

"Kami menyadari bahwa situasi yang kita hadapi dan tentunya oleh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) sungguh berat, tetapi masih juga mengalokasikan untuk kegiatan TMMD ini. Kami berharap, bahwa dalam kegiatan ini bisa mendukung penanganan Covid-19 di daerah," ucapnya.

Kegiatan TMMD, baik yang bersifat fisik dan non fisik ini, lanjutnya, akan diarahkan oleh Dansatgas TMMD (Dandim) untuk lebih banyak berbuat terkait dengan penanggulangan pandemi Covid-19, sehingga anggaran yang diberikan Pemda bermanfaat secara luas di wilayah.

"Tema kita adalah TMMD Pengabdian Untuk Negeri. Kami berharap kegiatan ini merupakan pengabdian untuk seluruh bangsa dan negara kita," ungkap Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Perlu diketahui, gelaran TMMD ke-108 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, tepatnya yang akan dilaksanakan oleh Kodim 1805/Raja Ampat berupa pengerjaan sasaran fisik yakni pembangunan Rumah type 36 (4 unit), MCK (2 unit), dan Sekolah PAUD (1 unit). Sedangkan sasaran non fisiknya adalah Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Pengobatan Massal, dan Bakti Sosial.(E)

TerPopuler