Ada 7 Manfaat dari Sirih Merah yang baik untuk Kesehatan -->

Ada 7 Manfaat dari Sirih Merah yang baik untuk Kesehatan

Senin, 31 Agustus 2020, Agustus 31, 2020

Jakarta - Republiknews.com
Menurut Dani Hendarto dalam buku 'Khasiat Jitu Daun Kelor dan Sirih Merah Tumpas Penyakit', sirih merah ditemukan pada tahun 2002 oleh seorang herbalis bernama Bambang Sadewo di desa yang terletak di lereng Gunung Merapi. Daun Sirih merah pun memiliki banyak manfaat lho.

Selain di lereng Gunung Merapi, tumbuhan dengan nama latin Piper ornatum atau Piper crocatum itu menurut Sri Budi Sulianti dari Laboratorium Treub, Pusat Penelitian Biologi, LIPI, Bogor banyak tumbuh di hutan wilayah Enrekang, Sulawesi Selatan. Ciri-ciri sirih merah yakni daunnya berwarna merah hati, dilengkapi garis-garis ornamen putih di bagian permukaan atas helai daun.

Daun sirih merah mengandung flavonoid, senyawa polevenolad, dan minyak atsiri. Hasil penelitian Yuli Widiyastuti dari Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Kemenkes menemukan fakta sirih merah meskipun aroma daunnya tidak terlalu kuat ternyata memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi yaitu sebesar 0,6%.

Sirih merah juga mengandung senyawa karvakrol yang bersifat disinfektan dan antijamur. Daun sirih merah juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Berikut beberapa manfaat dari daun sirih merah:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka
Daun sirih merah bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Stres oksidatif tinggi yang disebabkan karena radikal bebas di tubuh bisa menunda penyembuhan luka. Daun sirih merah mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan meningkatkan aktivitas enzim dalam pengambilan radikal bebas dalam tubuh seperti superoksida dismutase dan katalase.

2. Atasi Keputihan
Kandungan karvakrol dalam daun sirih sangat bermanfaat untuk mengatasi keputihan. Karena senyawa tersebut bersifat disinfektan dan antijamur sehingga bisa dijadikan sebagai obat antiseptik untuk keputihan. Cara penggunaannya adalah dengan meminum air rebusan sirih merah atau dibasuh pada area organ intim ketika mengalami keputihan.

3. Cegah Bau Mulut dan Badan
Daun sirih merah mengandung eugenol dan capitol yang berguna untuk mengusir penyebab bau mulut. Kandungan estradiol dan klavikula juga mampu atasi bau badan karena berfungsi untuk mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh.

4. Atasi Sakit Perut
Tanin yang terkandung sirih merah juga dapat mengobati sakit perut. Sedangkan eugenol bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit.

Cara meraciknya cukup mudah yakni merebus 7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya sampai mendidih. Minum air rebusan sirih merah secara teratur.

5. Redakan Batuk
Manfaat sirih merah untuk batuk bisa dilakukan dengan cara merendam daun sirih merah dalam minyak olive oil dan dioleskan ke dada untuk mengurangi hidung tersumbat.

6. Mengobati Gusi Berdarah
Bagi kamu yang memiliki masalah gusi sensitif bisa memanfaatkan daun sirih merah. Daun sirih merah mengandung saponin, tanin, kalsium dan fosfor. Untuk mengatasi gusi berdarah kamu bisa merebus beberapa lembar daun sirih dan digunakan untuk berkumur.

7. Atasi Tanda-tanda Diabetes

Kadar glukosa darah yang tinggi sering dialami penderita diabetes. Jika badan terasa lemas, pegal, kesemutan di ujung jari, tangan dan kaki serta kencing berlebihan ini menjadi salah satu tanda diabetes melitus yang perlu diwaspadai.

Untuk membuat minuman ini bisa dibuat dengan merebus 3 lembar daun sirih merah setengah tua dari daun keenam atau ketujuh pucuk. Kemudian cuci bersih dan iris kecil. Rebus dengan tiga gelas sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Dan minum air rebusan daun sirih merah. Sumber

TerPopuler