GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pertumbuhan Uang Beredar Capai Rp744,9 Triliun


JAKARTA- Republiknews.com, Bank Indonesia (BI) menyatakan kelancaran sistem pembayaran, baik tunai maupun nontunai, tetap terjaga. Pertumbuhan uang kartal yang diedarkan (UYD) pada Juni 2020 tercatat 2,34% secara tahunan (year-on-year/yoy) sehingga menjadi sebesar Rp744,9 triliun.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, perkembangan UYD yang masih terbatas ini dipengaruhi oleh menurunnya aktivitas ekonomi pada kuartal II/2020.

"Sejalan dengan kondisi itu, transaksi nontunai menggunakan ATM, Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik (UE) pada Mei 2020 mengalami penurunan 24,46% (yoy)," kata Onny di Jakarta, Minggu (19/7/2020).

Kendati demikian, bila dipilah lebih rinci, transaksi UE dan volume transaksi digital banking pada Mei 2020 tumbuh cukup tinggi masing-masing 17,31% (yoy) dan 30,33% (yoy).

Adapun elektronifikasi penyaluran program bantuan sosial Pemerintah Pusat dan elektronifikasi transaksi keuangan Pemerintah Daerah berkembang pesat sejalan dengan program digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia.

Menurut Onny, perkembangan positif ini menunjukkan akseptasi transaksi ekonomi dan keuangan masyarakat secara digital semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19.

Ke depan, BI terus mempercepat implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk mendukung aktivitas ekonomi dan keuangan digital di era kenormalan baru, mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan.

"BI juga akan terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait, untuk mendukung penyaluran bantuan sosial nontunai dalam rangka pemulihan ekonomi," ungkap dia. (Sin/Tamrin Lahiya) sumber
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.