Antisipasi Konflik Saat Pilkada Serentak Tahun 2020, TNI-Polri Latihan Simulasi Sispamkota -->

Antisipasi Konflik Saat Pilkada Serentak Tahun 2020, TNI-Polri Latihan Simulasi Sispamkota

Selasa, 22 September 2020, September 22, 2020

Minut - Republiknews.com, Menghadapi konflik sosial dan penanganan menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2020 di wilayah Kota Bitung, TNI-Polri dalam hal ini Kodim 1310/Bitung, Yon Marhanlan VIII Bitung dan Polres Bitung, bekerja sama dengan Tim Satgas Covid-19, menggelar Latihan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dengan menerapkan Protokol Kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Latihan penanggulangan aksi unjuk rasa anarkis menolak hasil penghitungan suara dalam Pilkada Serentak Tahun 2020, digelar di Stadion Duasudara, Kelurahan Manembo-Nembo Atas, Kec. Matuari, Kota Bitung, (21/9/2020)

Hadir dalam simulasi tersebut, Kapolres Kota Bitung AKBP F.X. Winardi Prabowo, SIK., MH., Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han., Danyon Marhanlan VIII Bitung Letkol Mar. Anugrah Sulaidi Santoso, M.Han., Sekda Kota Bitung DR. Audi Pangemanan, Ketua KPU Kota Bitung Bpk. Desley Sumampow, Anggota Bawaslu Kota Bitung Sammy Yosep Rumanbi dan Para Kapolsek dan Pa Staf Polres Bitung.

Kapolres Bitung AKBP F.X. Winardi Prabowo, SIK., MH., menyampaikan, Komitmen Polri dan TNI dalam mengawal setiap Tahapan Pilkada tidak perlu diragukan. Polri sebagai penjaga keamanan dalam negeri dan TNI selaku penjaga keamanan teritorial negara punya komitmen sama.

"Dalam mengawal pilkada, Polri belajar dari pengalaman pilkada-pilkada sebelumnya. Dan setelah melakukan berbagai kajian, mereka telah menyiapkan beberapa strategi pengamanan. Dengan harapan pelaksanaan pilkada serentak berjalan aman, lancar, dan kondusif," ujar Kapolres.

Sementara itu, saat ditemui usai kegiatan, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han., mengatakan, kegiatan Simulasi Sispamkota disiapkan untuk Pilkada Serentak Tahun 2020 yang bertujuan untuk mengamankan rangkaian dan Tahapan Pilkada yang ada di Kota Bitung.

"Simulasi ini adalah kesiapsiagaan yang dilakukan oleh TNI-Polri dalam melaksanakan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) guna menghadapi gangguan maupun ancaman yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi," ungkap Dandim.

Sekda Kota Bitung DR. Audi Pangemanan, mengucapkan terima kasih atas kegiatan simulasi latihan Sispamkota dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020.
"TNI-Polri tetap jaya selalu Tuhan memberkati kita semua," tandasnya. (TL)

TerPopuler