Figur dan Parpol Bagi-bagi Sembako Tidak Luput Dari Pengawasan Bawaslu -->

Figur dan Parpol Bagi-bagi Sembako Tidak Luput Dari Pengawasan Bawaslu

Rabu, 02 September 2020, September 02, 2020

Manado- Republiknews.com,  Meski tahapan pencalonan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 belum ditetapkan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tetap mengawasi para kandidat yang bakal diusung partai politik (parpol).

Hal ini diungkapkan oleh Taufik Bilfaqih, Anggota Bawaslu Kota Manado, Senin (24/08) saat menjadi narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pengawas Kelurahan (Panwaslur) se Kota Manado.

Menurutnya, selama tahapan pilkada berlangsung, pengawas pemilu seyogyanya terus mengawasi aktivitas parpol dan figur-figur yang mereka usung. “Inikan tahapan pilkada, semua aksi-aksi parpol harus Kita awasi. Sebab, agenda 5 tahunan ini sejak dini harus dicegah dari praktek-praktek politik uang meski masa kampanye dan penetapan calon belum bergulir” ujar Koordinator Divisi Pengawasan tersebut.

Selanjutnya, masih menurut Bilfaqih, sistem pengawasan tentu bukan langsung melakukan penanganan pelanggaran, melainkan lebih ke soal pencegahan. “Iya, Kita berkewajiban mengimbau parpol atau figur politik yang akan bertarung pada pilkada. Ini bentuk pencegahan dari praktek curang. Apalagi jika sudah ditetapkan sebagai calon maka semua menjadi objek pengawasan. Jika mereka yang bagi-bagi sembako sembari menggiring warga untuk dukung mendukung, maka praktek politik uang sudah terjadi. Disini, Kita juga butuh semua elemen untuk ikut kritis.” Tegas Taufik.

Hingga saat ini, banyak laporan dan keluhan masyarakat secara tidak formal masuk ke Bawaslu Manado terkait adanya figur dan parpol yang bagi-bagi sembako. Meski belum ada yang ditetapkan sebagai calon, Bawaslu Manado memastikan akan lakukan sosialisasi terkait pencegahannya. (Tamrin Lahiya)

TerPopuler