GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pandemi Covid-19 Akibatkan Ekspor Pemain Brasil Anjlok Sekitar 62 Persen


JAKARTA-Republiknews.com,
AKIBAT pandemi virus corona, Brasil yang selama ini banyak mengekspor pemain sepakbola ke negara lain, mengalami penurunan transfer internasional dan itu memengaruhi keuangan klub yang bergantung pada kesepakatan menguntungkan untuk bakat muda mereka.

Jumlah pemain Brasil yang ditransfer ke klub asing turun 62 persen selama jendela transfer musim panas Eropa tahun ini, menurut hitungan berdasarkan data dari situs web Transfermarkt.

Dari 1 Juni hingga 8 September tahun lalu, sebanyak 194 pemain di klub Brasil pergi untuk bermain di luar negeri, baik dengan status pinjaman atau ditransfer, menurut situs tersebut.

Tahun ini, jumlahnya hanya 74.

“Pasar transfer telah melambat. Klub berusaha untuk tidak mengeluarkan banyak uang karena situasi keuangan setiap orang rumit,” kata komentator ESPN Gustavo Hofman.

Brasil memimpin dunia dengan 2.742 pesepakbola bermain di luar negeri, di atas Argentina (2.330) dan Prancis (1.740), menurut laporan Mei oleh Pusat Studi Olahraga Internasional, di Swiss.

Di negara Pele dan Neymar itu, transfer biasanya menghasilkan sekitar seperempat pendapatan klub, nomor dua setelah hak TV sebagai sumber pendapatan.

Tetapi jumlah transfer bukan satu-satunya hal yang turun. Di tengah ketidakpastian keuangan yang disebabkan oleh Covid-19, jumlah uang yang terlibat dalam kesepakatan juga turun.

Tahun lalu, tiga transfer internasional teratas menghasilkan 77 juta euro (US $ 91,4 juta) ke klub Brasil. Itu termasuk kesepakatan senilai 45 juta euro antara Real Madrid dan klub Brasil Santos untuk pemain sayap remaja Rodrygo.

Tahun ini, tiga transfer teratas telah menghasilkan kurang dari 62 juta euro untuk klub Brasil. Di klub terbesar Portugal Benfica membayar 28 juta euro kepada Gremio untuk penyerang dan tim nasional yang menonjol Everton.

Klub Lisbon juga membayar 18 juta euro untuk mendatangkan gelandang serang Pedrinho dari Corinthians.

“Di tahun lainnya, (Everton) mungkin akan mendapatkan harga yang lebih tinggi dari Benfica,” kata Hofman.

Kemerosotan terjadi pada waktu terburuk bagi klub-klub Brasil, yang sudah berjuang dengan hutang yang besar. Sekarang, mereka juga terguncang akibat dampak ekonomi Covid-19 di negara dengan jumlah kematian tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Kerapuhan keuangan klub telah meningkat karena pandemi, kata Rodrigo Capelo, seorang jurnalis bisnis olahraga di rumah media Brasil Globo.

Pandemi tersebut membuat pihak berwenang di Brasil membatalkan semua pertandingan sepak bola selama hampir empat bulan, menghancurkan sponsor klub, TV, dan pendapatan tiket.

Krisis ekonomi telah membuat transfer internasional menjadi lebih menarik, karena hal itu telah menyebabkan real Brasil anjlok terhadap dolar dan euro.

Itu berarti nilai yang dibawa pulang telah meningkat untuk klub-klub Brasil, pada saat mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan aliran pendapatan lainnya.

Tapi “klub-klub Eropa sedang mengencangkan ikat pinggang mereka,” karena mereka juga berjuang dengan ketidakpastian ekonomi akibat pandemi, kata agen Edgardo Aguilar.

Nilai transfer yang ditangani perusahaannya, Soccer Stars Group, anjlok hingga 70 persen tahun ini.
Situasi ini memiliki efek berjenjang di sekitar Amerika Selatan.

Di waktu normal, Brasil juga merupakan importir utama bakat sepak bola. Tapi tahun ini, klub secara dramatis mengurangi kesepakatan transfer untuk pemain dari negara-negara seperti Uruguay, Peru dan Kolombia.

“Mereka pada dasarnya puas dengan pemain yang sudah ada di pasar di Brasil,” kata agen Kolombia Carlos Calero, dari Manajemen Olahraga Dunia.

Mereka biasanya menjadi perantara tiga kesepakatan per musim untuk mengirim pemain dari tempat lain di Amerika Selatan ke klub Brasil.

Tahun ini, dia belum melakukan apapun.TOR-03 (T.L)
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.