Pemakaman Almarhum Syaikh Al Sabah Berlangsung Sederhana -->

Pemakaman Almarhum Syaikh Al Sabah Berlangsung Sederhana

Rabu, 30 September 2020, September 30, 2020

Kuwait-Republiknews.com,  Upacara pemakaman Seikh Sabah al-Ahmad al- jaber al- Sabah, berlangsung sederhana dan terbatas hanya dari kalangan keluarga saja yang menghadirinya, mengingat adanya Protokol kesehatan. rabu (01/10/2020).

Usai wafatnya Syeikh Sabah Kuwait, maka ditunjuklah Putra mahkota Syaikh Nawab Al ahmmad Al sabah sebagai pengganti beliau.

Syaikh Sabah di kenal oleh Masyarakat sebagai pejuang diplomatik kemanusiaan yang bijaksana di kawasan teluk Arabia , beliau dilaporkan mengalami gangguan kesehatan semenjak 2020 lalu yang sempat dirawat di AS, seperti diberitakan oleh Tv-One.

Almarhum Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah merupakan emir ke-15 Kuwait, dalam kepemerintahannya selama 14 tahun beliau menjadi mediator di wilayah yang penuh dengan konflik politik.

Beliau juga Al Sabah mendapatkan beberapa julukan selama masa kepemimpinanya diantaranya adalah “Pangeran Kemanusiaan” , “ Manusia Damai “ , serta “ Pemimpin Rekonsiliasi “ ditingkat Arab bahkan Internasional.

Al-Sabah lahir di Provinsi Jahra, Kuwait City, pada 16 Juni 1929. Pada 1954, dia diangkat sebagai anggota Komite Eksekutif Tertinggi. Saat itu, dia belum genap berusia 25 tahun. Kemudian, pada 1961, al-Sabah diangkat sebagai anggota Dewan Tertinggi, di mana dia memegang beberapa jabatan menteri hingga wakil perdana menteri.

Dia juga ditunjuk sebagai ketua delegasi Kuwait untuk PBB dan Liga Arab sebelum menjadi menteri luar negeri dari 1963 hingga 1991. Pada Juli 2003, dia menjabat sebagai perdana menteri sebelum akhirnya diangkat menjadi Emir Kuwait pada Januari 2006.

Menurut para ahli dan pengamat, mendiang Emir mempertahankan kebijakan yang tidak bias dan mendukung inisiatif kemanusiaan dalam menyelesaikan krisis di Yaman, Suriah, Irak, Libya dan Palestina. Emir juga aktif membantu umat Islam di banyak wilayah di dunia, terutama Muslim Rohingya di Myanmar.  (T.L)


TerPopuler