Radikalisme -->

Radikalisme

Rabu, 02 September 2020, September 02, 2020

Manado, Republiknews.com- ,RADIKALISME dan Terorisme adalah musuh bersama seluruh penduduk bumi, sebab pergerakkan juga terornya memunculkan ketakutan kepada masyarakat.

Pengertian dari Radikalisme ini adalah suatu ideologi (ide atau gagasan) serta paham yang ingin melakukan perubahan pada tatanan sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan dan terbilang ekstrim.

Esensi dari tindakan radikalisme ialah sikap dan tindakan seseorang, kelompok, maupun pihak tertentu yang menghalalkan kekerasan dalam membuat perubahan yang diinginkan. Kelompok radikal umumnya menginginkan perubahan tersebut dalam waktu yang instan serta drastis yang bertentangan dengan sistem sosial yang ada,Paham atau pergerakkan Radikalisme ini sering dikaitkan dengan terorisme, sebab kelompok radikal dapat melakukan cara apapun agar tujuannya dapat segera terlaksanakan. Termasuk meneror pihak yang tidak pro dengan mereka.

Untuk menangkal paham menyimpang ini dengan memperkuat rasa toleransi antar umat beragama berdasarkan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan prinsip bhineka tunggal ika.

Radikalisme sendiri sebetulnya juga dilatar belakangi oleh sejumlah faktor. Antara lain ialah, Faktor Politik, ekonomi, sosial, pendidikan termasuk psikologis. Faktor sosial ini biasanya paling banyak berpengaruh, sebab manusia sendiri berada pada lingkungan heterogen dan berkaitan dengan banyak orang. Selain itu, faktor sosial juga berhubungan erat dengan faktor ekonomi. Kebanyakan masyarakat kelas ekonomi lemah pada umumnya mempunyai pemikiran yang sempit. Sehingga hal ini begitu mudah percaya kepada oknum berpaham radikal karena dianggap dapat memberikan solusi kehidupan.

Meski demikian seluruh masyarakat tetap diimbau agar tetap waspada akan kemungkinan penyebaran paham yang dinilai cukup meresahkan ini. Sebab, keluhan apapun hendaknya mampu dipikirkan secara matang. Mengingat zaman sekarang ini oknum-oknum berhaluan kiri banyak bertebaran dimana-mana. Bahkan, pergerakkannya dianggap cukup mengancam kehidupan dalam bermasyarakat. Merusak tatanan sosial bernegara juga sistem lainnya. Stop radikalisme dan intoleransi sekarang juga! Mari lawan mereka bersama-sama.

Hingga tak akan ada lagi celah yang bisa mereka susupi untuk makin menghancurkan generasi penerus bangsa dan tetap perkokoh persatuan dan kesatuan demi kuatnya NKRI.

NKRI Harga Mati!

TerPopuler