GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Revisi Film G30-S/PKI Tak Miliki Urgensi Kebenaran

cuplikan film g30s/pki

Jakarta-Republiknews.Com, Revisi terhadap film pemberontakan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30-S/PKI) diyakini tidak mampu atau dapat menghadirkan fakta sesungguhnya terkait sejarah tersebut. 

Jika Usulan revisi tersebut diakomodir,maka kedua film itu sama-sama memiliki kepentingan propaganda dengan tujuan masing-masing, dinilai oleh Pakar Politik Dedi Kurnia Syah. Seperti dilansir dari rri.co.id.

"Tidak ada urgensi apapun meminta sebuah film direvisi, termasuk dari sisi politik, karena film memiliki takdir kulturalnya sendiri," kata Dedi saat dihubungi rri.co.id, Kamis (24/9/20).

Menurutnya, jika seseorang tidak menyukai sebuah film, dengan alasan propaganda politik atau dengan dalih terdapat pelencengan sejarah, maka buat saja versi lain.

Namun, lanjutnya, film yang dibuat dengan versi lain tetap saja tidak dapat dihakimi sebagai bagian dari catatan sejarah, karena bukan dokumen resmi yang memiliki dampak terhadap politik dan pemerintahan.

"Hingga kapan pun kehadiran film dalam politik selalu berada di lingkar propaganda, bukan sebagai sebuah kebenaran yang harus dipertanggungjawabkan kebenaran isinya," pungkasnya.(T.L)
Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.