Ternyata Jambu Mete dapat diolah menjadi Masakan Lezat dan Nikmat. begini caranya! -->

Ternyata Jambu Mete dapat diolah menjadi Masakan Lezat dan Nikmat. begini caranya!

Selasa, 29 September 2020, September 29, 2020

Republiknews.com - Kuliner,  Di Kabupaten Wonogiri,tepatnya didesa Pelem, kecamatan Jatisrono buah jambu mete tidak hanya dikonsumsi sebagai buah buahan. Tetapi Dagingnya  buah jambu mete bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat untuk lauk makan.

Jambu mete bisa dimasak menjadi oseng-oseng atau dibotok. awak republiknews.com  sempat menjajal kuliner khas Wonogiri ini, suguhan Mak Tini salah satu warga didesa pelem (29-9-2020).

Oseng jambu mete ini terasa gurih, daging buah metenya empuk, dan tentu saja lezat. Rasa getar atau sepet yang biasanya ada di jampu mete hilang tak berbekas. Untuk membuat oseng jambu mete khas Wonogiri seenak ini ternyata tak mudah.

Mak Tini  mengatakan proses pengolahan buah jambu mete menjadi oseng-oseng cukup lama dan rumit. Awalnya, buah jambu mete dikupas terlebih dahulu sehingga warna kulit buah yang berwarna orange atau merah hilang.

"Buah jambu yang bisa dimasak yang umurnya masih sedang, tidak yang masih mentah maupun yang sudah matang," kata dia kepada republiknews.com di rumahnya.

Setelah dikupas, buah jambu mete yang akan diolah menjadi oseng-oseng dicuci hingga bersih. Jika sudah, buah ditumbuk di atas wadah menggunakan alat penumbuk, yakni alu yang berukuran kecil. Buah lantas diperas hingga habis air dan getahnya, kemudian buah dicuci lagi.

"Tujuan buah dicuci dan diperas itu agar getahnya hilang. Proses mencuci atau membilas buah bisa sampai sepuluh kali, harus benar-benar bersih. Biar getahnya benar-benar hilang," kata dia.

Proses pembuatan oseng jambu mete tidak hanya sampai di situ. Menurutnya, setelah getah hilang, buah jambu mete dijemur dibawah sinar matahari selama satu hari. "Jemurnya jangan sampai kering banget. Jika sudah dijemur buah lantas direbus hingga empuk atau lunak," ujar dia.

Ia menambahkan jika jambu mete dimasak oseng-oseng, bumbu yang digunakan yakni bawang merah dan putih, garam, cabai, penyedap rasa,dan gulamerah Untuk menambah cita rasa,bisa dicampur tahu,tempe teri, dan jenis ikan laut lainya. (Juliono)

TerPopuler