Tim Silat ASAD Bitung Adu Kemampuan di Turnamen UNG Open 2020 -->

Tim Silat ASAD Bitung Adu Kemampuan di Turnamen UNG Open 2020

Selasa, 22 September 2020, September 22, 2020

BITUNG-Republiknews.Com.
Sejak 19 September lalu Persinas ASAD menggelar seleksi persiapan menghadapi Turnamen Pencak Silat Terbuka Piala Rektor Univeritas Negeri Gorontalo (UNG) yang  menurut rencana akan dilangsungkan 28-31 Oktober.

Seleksi persiapan yang ditangani langsung pelatih senior Abdul Malik di GOR Manembo-Nembo, Bitung, Sulut itu diikuti 24 pesilat. Kehadiran pelatih Abdul Malik yang peraih  medali emas di SEA Games 2019 Filipina itu diharapkan mampu meningkatkan kemampuan para pesilat ASAD.

Abdul Malik, yang ditemui Republiknews.com mengatakan persiapan menuju Piala Rektor UNG lebih ditekankan pada peningkatan fisik dan mental tanding. ”Kalau masalah teknik bisa berkembang selama dalam proses latihan,”katanya.

Persiapan fisik dan mental tanding menurut Abdul Malik, mutlak diperlukan oleh para pesilat. Apalagi persaingan di Piala Rektor UNG itu cukup ketat karena pesertanya bukan hanya dari Gorontalo saja juga daerah lain di luar Gorontalo seperti Sulsel, Sulteng, Sulbar dan Sultra.

”Namanya saja open turnamen, siapa saja boleh ikut. Makanya saya ingin selama proses seleksi ini anak-anak menunjukkan semangat dan kemampuan terbaiknya,”tambahnya.

Karena masih sifatnya seleksi, Abdul Malik mengkombinasikan antara pesilat senior dan junior atau lapis dua. Hal itu dimaksudkan agar ada transfer ilmu dari yang berpengalaman kepada mereka yang minim pengalaman.

Namun Abdul Malik tidak mematok target muluk-muluk dalam turnamen tersebut. Ia hanya berharap para pesilat yang terpilih nanti benar-benar menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“ Kalau bicara target, kita tidak menargetkan untuk anak-anak, cuman kita menekankan agar bermain secara maksimal sesuai kemampuan yang mereka miliki.. Pasalnya mereka juga kan belum berpengalaman,,” papar Malik.

Abdul Malik tetap berupaya menurunkan para pesilat lapis dua ini sebagai bagian dari upaya untuk memberikan wawasan, pengalaman serta percaya diri.TOR-10 (T.L)

TerPopuler