Pandemi Covid-19 tidak Halangi Peningkatan Hubungan Sister City Bandung dan Fort Worth -->

Pandemi Covid-19 tidak Halangi Peningkatan Hubungan Sister City Bandung dan Fort Worth

Jumat, 02 Oktober 2020, Oktober 02, 2020

Houston, Amerika Serikat – Republiknews.Com, Pandemi COVID-19 tidak menghalangi kerja sama Sister City Bandung, Indonesia dan Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Atas inisiatif KJRI Houston, Perwakilan Kota Bandung dan Fort Worth bertatap muka secara daring untuk membahas peningkatan kerja sama Sister City kedua kota (29/09/2020).

Konjen RI Houston, Nana Yuliana menyampaikan bahwa kerjasama kedua kota perlu ditingkatkan, kiranya pandemi tidak menjadi penghalang untuk membuat langkah meningkatkan kerjasama kedua kota. Hubungan kerjasama kedua kota selama ini lebih didominasi oleh bidang pendidikan, Konjen RI mengharapkan kiranya dimasa mendatang dapat diperluas lagi kebidang pariwisata dan perdagangan.

Hal ini sejalan dengan pendapat Wakil Walikota yang mengharapkan kerjasama Sister City dengan Fort Worth dapat lebih diperluas lagi kebidang pariwisata dan perdagangan, untuk pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi, agar menghasilkan keuntungan yang nyata bagi penduduk kedua kota.

CEO Sister City International Forth Worth, Mae Ferguson menyampaikan bahwa pandemi ini sangat mempengaruhi hubungan internasional, pertukaran informasi dan pengalaman melalui pertemuan virtual tersebut menjadi penting dan tepat waktu. Mae sangat optimis bahwa hubungan kedua kota akan semakin berkembang bukan hanya di bidang pendidikan, tapi juga di bidang ekonomi.

Diskusi yang menarik dalam pertemuan Sister City tersebut adalah dengan kehadiran para siswa dan alumni SMAN 5 Bandung yang mengikuti program Sister City pada International Leadership Academy (ILA) Fort Worth, dan siswa High School dari Fort Worth yang pernah berkunjung ke Bandung, memberikan testimoni manfaat positif yang dipetikdari program Kerjasama Sister City dalam membangun karakter, wawasan dan networking. Disamping itu para siswa juga berbagi pengalaman dalam menghadapi situasi pandemi yang kalau tidak ditangani dengan baik, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mental. Sumber: KJRI Houston. (Suryono)

TerPopuler