Program Kementrian PUPR Kegiatan P3TGAI Desa Suka Maju DiDuga Jadi Ajang Korupsi Pelaksana -->

Program Kementrian PUPR Kegiatan P3TGAI Desa Suka Maju DiDuga Jadi Ajang Korupsi Pelaksana

Sabtu, 17 Oktober 2020, Oktober 17, 2020


Lampung Utara-Republiknews.com

P3TGAI merupakan pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier. 

Program ini menciptakan penyerapan tenaga kerja .Tahun 2020 program tersebut dibagi tiga tahap. Kementerian PUPR akan memulai tahap pertama pada periode April 2020, yang ditargetkan rampung dalam waktu 3-4 bulan, yakni Juni atau Juli 2020.

Namun telah dijelaskan dalam pelaksanaan program P3 TGAI diduga rawan penipuan oleh pelaksana.

Dalam pengamatan media selaku kontrol sosial masyarakat yang sangat peduli dan mendukung program Pemerintah, padahal tidak mudah.

Untuk menembus berbagai program  dari pusat melalui Kementerian PUPR itu, tentunya melalui proses yang cukup lama. Melalui pengajuan Desa setempat melalui Balai PSDA Provinsi Lampung,  yang pastinya Pengajuan Program tersebut butuh pengawalan, agar berkas tersebut tiba tepat pada yang dituju.

Sangat disayangkan ketika program tersebut tiba Di Kabupaten Lampung Utara, tepatnya Di Desa Sukamaju, Kecamatan Abung Semuli dikerjakan oleh Pihak Pelaksana tidak sesuai dengan pelaksanaan Di desa yang Lain.

Pada Tahun 2020 Pemerintah Pusat mengucurkan Anggaran uang bersumber dari APBN, dengan Program menyentuh masyarakat.


Berdasarkan Informasi yang dihimpun Tim Media serta diperkuat dengan keterangan hasil crosscek dilapangan bahwa pada pelaksanaan program P3TGAI Di Dusun Sukarame, Desa Suka Maju, Kecamatan Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara. 

Menurut Kacamata Gambar yang di kirim Tim Media yang Croscek ke lokasi sawah tempat Pelaksanaan P3TGAI.

Bahwa.1.Hanya sebagian menggunakan Cacing Block Hasil Cetakan, yang lainnya langsung diplur pada lokasi Talud, seharusnya cacing black dicetak ditempat terpisah tidak seperti membuat Dinding Pagar.

2. Ditengah Talaud aliran air masih terdapat Tunggul pohon kayu.yang kelak akarnya akan menembus Cairan Talaud.

3.lantai dasar aliran air bukan pakai cacing block cetakan, Tapi pakai jadikan Curah lalu di sekat, seolah olah seperti susunan gabung block.

4. Ketebalan Lantai dasar aliran air diduga tidak sama rata, karena buka pakai cacing cetakan terpisah.

5.semen yang digunakan bukan semen Tahan air yang Terkenal dari jaman dahulu yaitu harus semen merk Batu Raja..Tapi mereka pakai semen merek .semen Serang..yang kita belum tau Persis ketajamannya menadsh aliran Air.ke.6 Ketika Pihak Tim Balai PADA turun lokasi pihak Pelaksana mengalihkan perhatian Tim dengan menunjukan beberapa potong Cacing Block Hasil Cetakan.

Menurut Pemantauan Tim Media, Kegiatan P3TGAI Desa Suka Maju, Kecamatan Abung Semuli, Lampura banyak manipulasi publick yang diduga keras pelaksana mencari keuntungan besar dari dana APBN.


"Setelah berita ini diterbitkan Kami selaku Konteks sosial masyarakat meminta Tim Balai PADA Provinsi Lampung Beserta Pendamping Program Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi Parpol Nasdem Mardiana.ST.MT untuk Meninjau Langsung Kegiatan P3TGAI Di Desa Suka Maju, dan Pelaksananya harus bertanggung jawab sebagai mana penerima Kontrak." 


Hingga berita ini diterbitkan media,  ketua pelaksana belum bisa dikonfirmasi. Media ini akan kawal Program P3TGAI yang kebanyakan rawan penipuan bahkan menjadi bajakan oleh Ketua Pelaksana.

Penulis Media Online. (Samsul A)

TerPopuler