Taman Makam Pahlawan Kairagi Dari Waktu ke Waktu -->

Taman Makam Pahlawan Kairagi Dari Waktu ke Waktu

Selasa, 06 Oktober 2020, Oktober 06, 2020
Taman Makam Pahlawan, Manado. (foto: Tamrin Lahiya). 

Manado- Republiknews.com, Taman Makam Pahlawan (TMP) yang terletak di Kairagi Weru, Paal Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara seakan menjadi saksi terhadap para Pahlawan yang telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan tersebut.

TMP ini di jadikan sebagai Taman Makam Pahlawan semenjak thn- 65.
“ Setahu saya, tempat tersebut sudah menjadi TMP, semenjak thn- 65. “ Pungkas kepala lingkungan.Selasa (6/10/2020) .

Lanjutnya, “ TMP ini merupakan Pindahan yang dari daerah Sario, yang tadinya (TMP) di daerah Sario tersebut lahannya kecil, sehingga dipindahkanlah makam yang dari sana ketempat ini TMP Kairagi.” Papar kepala lingkungan.

Adapun yang bertugas menjaga Pintu masuk TMP Kairagi ini, adalah Pensiunan dari Dinas Sosial yang di tugaskan disini yang kurang lebihnya ada lima kepala keluarga dengan tugasnya masing-masing.

Ada yang bertugas memotong rumput dilahan Pemakaman tersebut apalagi disaat saat hari besar seperti sekarang ini Dirgahayu TNI ke- 75, tempatnya harus bersih karena akan digunakan untuk Upacara, dalam memperingati Para Pahlawan yang ada di TMP tersebut.

“ Para pekerja akan mengatur seluruh keperluan ketika ada yang berziarah, serta Upacara-upacara yang di adakan ditempat itu “ Papar Kepala Lingkungan.

Menurut Kepala lingkungan semenjak tinggal di daerah TMP tersebut semenjak tahun 76 sudah ada, kemudian menurut keterangan dari orang-orang tua setempat thn 65 TMP tersebut sudah berada di situ.

Mantan Gubernur Sulut periode 1985-1995 Mayjen (Purn) Cornelis John Rantung juga dimakamkan di Taman Makam Pahlawan TMP Kairagi.

Dari depan jalan Protokol Kairagi terdapat Patung Para Pahlawan, Disamping Kanan dari depan jalan terdapat Tugu yang terdapat Nama-Nama Para Pahlawan yang gugur dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan tersebut. (T.L)

TerPopuler