Tauladan Rosulullah bersama Siti Aisyah Bagi Rumah Tangga Muslim -->

Tauladan Rosulullah bersama Siti Aisyah Bagi Rumah Tangga Muslim

Kamis, 15 Oktober 2020, Oktober 15, 2020

 


Republiknews.com, Aisyah adalah istri ketiga Rasulullah Shallalahu 'alahi wassalam. Rasul menikahi Aisyah setelah Khadijah wafat. Salah satu keistimewaan Aisyah adalah ia satu-satunya istri yang dinikahi Rasul saat masih gadis. Selain itu, Aisyah adalah wanita yang paling dekat dengan wanita lainnya, ada begitu banyak contoh yang bisa kita ambil didalam kisah rumah tangganya Nabi bersama Siti Aisyah di antaranya adalah:


Kisah Nabi Muhammad dan Aisyah yang romantis dengan nama panggilan nan indah


Nabi Muhammad selalu memanggil istri-istrinya dengan panggilan yang indah. Aisyah mendapat panggilan panggilan sayang Ya Humaira. Artinya wahai si merah jambu. Sebutan ini disematkan karena Aisyah memiliki pipi yang kemerah-merahan.Dilansir dari jakmall.com


Rasul ikut menemani Aisyah saat bermain


Aisyah masih belia saat dinikahi oleh Rasulullah. Tiga tahun setelah resepsi pernikahan yang sederhana, teman-teman Aisyah selalu datang ke rumah untuk mengajaknya bermain. Suatu hari Aisyah bermain bersama teman perempuannya di rumah. Ketika Rasul memasuki rumah, keinginan meninggalkan rumah.


Rasul pun kembali memanggil teman-teman Aisyah untuk tetap bermain. Bahkan beberapa waktu Rasul ikut serta menemani istrinya bermain. Betapa romantisnya beliau yang paham atas situasi dan kondisi istrinya.


Romantisnya Aisyah saat berusaha menjaga kehormatannya di depan kawan Nabi Muhammad


Pada suatu hari, Aisyah dan Nabi Muhammad sedang bercengkrama di dalam rumah. Saat itu Aisyah sedang tidak memperhatikan cadarnya. Tiba-tiba datang seorang pria buta yang langsung masuk ke dalam rumah. Aisyah langsung masuk ke bagian dalam rumah lainnya.


“Wahai Aisyah, lelaki ini buta, mengapa Engkau mengundurkan diri? Bukankah lelaki ini tidak bisa melihatmu? ”Tanya Rasul. Lalu Aisyah menjawab "Wahai Utusan Allah, memang benar lelaki itu tidak dapat melihatku, tetapi aku masih bisa melihatnya. Oleh sebab itu, Aku memutuskan undur diri". Wah kisah Nabi Muhammad dan Aisyah yang romantis bukan?


Kisah Nabi Muhammad dan Aisyah main lari lari

Rasul pernah mengajak Aisyah untuk lomba lari bersama. Ini adalah lomba lari kedua setelah sebelumnya dimenangkan oleh Aisyah. Namun kali ini Nabi Muhammad yang jadi pemenangnya.



Lalu Aisyah terlihat kesal dan cemberut. Dengan sigap, nabi lalu meledeknya dan memberikan senyuman. Dikenangnya bahwa dulu Aisyah yang menang, tetapi kali ini Rasulullah yang menang. "Impas!" kata Rasul kepada istrinya.


Nabi memang paham betul sensivitas sang istri dan bagaimana solusi untuk menghadapi istrinya yang masih belia.


Kisah Nabi Muhammad dan Aisyah saat bertengkar


Seperti perempuan pada umumnya, Aisyah pernah cemburu kepada Rasulullah. Dalam hadis riwayat Abu Daud, dikisahkan bahwa nabi juga pernah bertengkar dengan istri tercintanya. Suatu hari Abu Bakar (ayah Aisyah) datang berkunjung ke rumah mereka. Saat masuk Abu Bakar mendengar suara Aisyah meninggi saat Berbicara kepada Rasul.


Mendengar hal tersebut Abu bakar terlihat marah, lalu menarik tangan Aisyah dan melakukan memukulnya. Rasullulah lalu mencoba melindungi istrinya dan menenangkan Abu Bakar yang merupakan sahabatnya.


Setelah itu, beliau berbicara kepada istri “Bagaimana pendapatmu ketika aku menyelamatkanmu dari Kemarahan Abu Bakar?”


Ketika Nabi Muhammad mendengar Aisyah berbicara buruk mengenai orang lain


Kisah Nabi Muhammad dan Aisyah yang satu ini memang tepat untuk kita tanamkan pada kehidupan sehari-hari. Suatu ketika Aisyah menceritakan bahwa seseorang telah melakukan hal yang tidak masuk Nabi.


Setelah mendengar ucapan istrinya itu, beliau bersabda, 'Aku tak suka mendengar cerita tentang seseorang, dan aku diceritakan begini dan begitu ". Nabi juga tak suka jika ada kata-kata kotor.


Kisah Nabi Muhammad dan Aisyah yang bisa kita contoh dalam membangun kehidupan rumah tangga atau kehidupan sehari-hari. Semoga kita dapat mencontoh perilaku Rasulullah shallalahu 'alahi wassalam dengan baik dan mengamalkannya ke orang-orang di sekita kita ya. (TL)

TerPopuler