Thomas Alva Edison, ternyata bukanlah Pembuat Lampu Pijar Pertama kali -->

Thomas Alva Edison, ternyata bukanlah Pembuat Lampu Pijar Pertama kali

Jumat, 16 Oktober 2020, Oktober 16, 2020


Republiknews.com, Lampu Pijar merupakan alat untuk menerangi, banyak yang mengira bahwasannya penemu lampu pijar pertama kali adalah Thomas Alva Edison. Akan tetapi sebelum Thomas Alva Edison, sudah ada, lo, 3 ilmuan yang membuat lampu pijar. Dilansir dari bobo.grid.id .


Warren de la Rue


Pada tahun 1808, seorang ilmuan Inggris bernama Warren de la Rue membuat lampu pijar menggunakan kumparan platinum, Sayangnya, lampu buatan Warren terlalu mahal dan tidak bisa bertahan lama. Namun kegagalan tersebut membuat harapan bagi ilmuan lainnya.


R. Glove


Kegagalan Warren de la Rue, membuat secercah harapan bagi ilmuan lainnya. W. R. Glove adalah ilmuan yang melanjutkan pembuatan lampu pijar, Pada 1840, Glove menemukan lampu pijar dengan kumparan platinum,  lampu pijar buatan Glove ternyata praktis untuk sebuah lampu listrik.


W. Swan


Ilmuan lainnya, yaitu Sir J. W. Swan melanjutkan penelitian Glove pada tahun 1860,  Kali ini Swan menciptakan lampu pijar dengan kertas karbonisasi dan pemrosesan serat kapas dengan asam sulfat. Nampaknya, lampu buatan Swan masih kurang sempurna. Lampu ciptaan Swan memiliki kelemahan, karena membuat bola lampu menjadi menghitam.


Thomas Alva Edison


Pada akhirnya, Thomas Alva Edison mengembangkan dan mematenkan lampu pada tahun 1879. Lampu milik Edison, lah, yang menjadi dasar dari lampu modern. Tapi, tidak semudah itu lampu buatan Thomas Alva Edison terjadi. Selama bertahun-tahun Thomas Alva Edison menyempurnakan lampu pijar tersebut. (T.L)

TerPopuler