Andy Williams -->

Andy Williams

Sabtu, 14 November 2020, November 14, 2020


Republiknews.com

Howard Andrew Williams (3 Desember 1927 - 25 September 2012) adalah seorang penyanyi Amerika. Dia merekam 43 album dalam karirnya, 15 di antaranya telah bersertifikat emas dan 3 bersertifikat platinum. Ia juga dinominasikan untuk enam Grammy Awards. Dia menjadi pembawa acara The Andy Williams Show, sebuah acara variety televisi, dari tahun 1962 hingga 1971, dan banyak acara TV spesial. Pertunjukan Andy Williams penghargaan tiga penghargaan Emmy. Teater Sungai Bulan di Branson, Missouri, dinamai sesuai lagu yang paling dikenalnya— "Moon River" karya Johnny Mercer dan Henry Mancini. Dia menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia, termasuk lebih dari 10 juta unit bersertifikat di Amerika Serikat. Williams aktif di industri musik selama lebih dari 70 tahun hingga kematiannya pada 2012.


Kehidupan Awal dan Pendidikan 


Williams lahir di Wall Lake, Iowa, dari pasangan Florence (née Finley) dan Jay Emerson Williams, yang bekerja di asuransi dan kantor pos. Saat tinggal di Cheviot, Ohio, Williams bersekolah di Western Hills High School di Cincinnati, Ohio. Dia menyelesaikan sekolah menengah di University High School, di West Los Angeles, karena keluarganya pindah ke California. Dilansir dari wikipedia.org.


Karir


1938–1952: Karir Awal

Williams memiliki tiga kakak laki-laki - Bob, Don, dan Dick Williams. Penampilan pertama adalah di paduan suara anak-anak di gereja Presbiterian setempat. Dia dan saudara-saudaranya membentuk kuartet Williams Brothers pada akhir tahun 1938, dan mereka tampil di radio di Midwest, pertama di WHO, di Des Moines, Iowa, dan kemudian di WLS, di Chicago, dan WLW, di Cincinnati. Pindah ke Los Angeles pada tahun 1943, Williams Brothers bernyanyi dengan Bing Crosby pada rekaman hit tahun 1944 "Swinging on a Star". Mereka muncul dalam empat film musikal: Janie (1944), Kansas City Kitty (1944), Something in the Wind (1947) dan Ladies 'Man (1947).


Sebuah mitos yang terus-menerus menyatakan bahwa sebagai seorang remaja, bintang penyanyi masa depan menjuluki nyanyian untuk karakter Lauren Bacall dalam film fitur tahun 1944 To Have and Have Not . Menurut sumber yang berwibawa, termasuk Howard Hawks dan Bacall sendiri, ini tidak benar. Williams dan beberapa penyanyi wanita diuji untuk mengisi suara untuk Bacall, karena ketakutan bahwa dia tidak memiliki keterampilan vokal yang diperlukan. Tetapi ketakutan itu dibayangi oleh keinginan agar Bacall melakukan nyanyiannya sendiri meskipun bakat vokalnya tidak sempurna. Mitos ini dibantah dalam Panduan Film Leonard Maltin's di entri untuk film ini.


Williams Brothers ditandatangani oleh Metro-Goldwyn-Mayer untuk tampil di Anchors Aweigh dan Ziegfeld Follies (1945) tetapi, sebelum mereka tampil di depan kamera, saudara tertua, Bob, direkrut untuk dinas militer dan kontrak grup dibatalkan. Kay Thompson , mantan bintang radio yang sekarang menjadi kepala departemen vokal di MGM, menyukai bakat dan menyewa tiga Williams bersaudara yang tersisa untuk bernyanyi dalam paduan suara besarnya di banyak soundtrack untuk film MGM, termasuk The Harvey Girls (1946) . Ketika Bob menyelesaikan dinas militernya, Kay menyewa keempat bersaudara untuk bernyanyi di soundtrack Good News (1947).


Pada saat itu, Thompson sudah lelah bekerja di belakang layar di MGM jadi, dengan empat anak laki-laki Williams sebagai penyanyi dan penari cadangan, dia membentuk band klub malam, Kay Thompson dan Williams Brothers. Mereka melakukan debut di Las Vegas pada tahun 1947 dan menjadi sensasi dalam semalam. Dalam setahun, mereka adalah klub malam dengan bayaran tertinggi di dunia, memecahkan rekor di mana pun mereka muncul.


Williams mengungkapkan dalam memoarnya, Moon River and Me , bahwa dia dan Thompson menjadi terlibat asmara saat tur, terlepas dari perbedaan usia (dia 19 dan dia 38). Grup tersebut bubar pada tahun 1949 tetapi bersatu kembali untuk tur yang sangat sukses dari musim gugur 1951 hingga musim panas 1953. Setelah itu, keempat bersaudara itu berpisah. Jadwal lengkap dari kedua tur tersebut tercantum di situs biografi Kay Thompson. 


Williams dan Thompson, bagaimanapun, tetap sangat dekat, baik secara pribadi maupun profesional. Dia membimbing kemunculannya sebagai bintang penyanyi solo. Dia melatihnya, menulis aransemennya, dan membuat banyak lagu yang dia rekam, termasuk hit Top 20 tahun 1958 " Promise Me, Love " dan, kemudian, "Kay Thompson's Jingle Bells" pada Album Natal Andy Williams No. 1 tahun 1964. Menggunakan kontaknya dalam bisnis, Thompson membantu Williams mendapatkan pertunjukan terobosan televisi sebagai penyanyi unggulan selama dua setengah tahun di Tonight Starring Steve Allen ; itu membantu bahwa produser seri, Bill Harbach, adalah mantan ajudan kamp Kay. Thompson juga memberi Williams kontrak rekaman terobosannya dengan Cadence Records, yang pemiliknya, Archie Bleyer, mendapat jeda karier awal karena Kay dan berhutang budi padanya. Sementara itu, Williams menyanyikan cadangan di banyak rekaman Thompson selama tahun 1950-an, termasuk hit Top 40-nya Eloise , berdasarkan buku-buku terlarisnya tentang gadis kecil nakal yang tinggal di Plaza Hotel di New York.



Williams dalam foto publisitas William Morris, 1960

Thompson juga menjabat sebagai konsultan kreatif dan pengatur vokal di tiga serial televisi jaringan pengganti musim panas Williams pada tahun 1957, 1958, dan 1959. Pada musim panas 1961, Thompson bepergian dengan Williams dan melatihnya selama peran utamanya dalam tur saham musim panas di musik Pal Joey . Hubungan pribadi dan profesional mereka akhirnya berakhir pada tahun 1962, ketika Williams bertemu dan menikah dengan Claudine Longet , dan Thompson pindah ke Roma.


1953–1961: Tahun irama

Karir solo Williams dimulai pada tahun 1953. Dia merekam enam sisi untuk label RCA Victor "X", tetapi tidak satupun dari mereka yang populer. Setelah mendapatkan tempat sebagai reguler di Tonight Dibintangi Steve Allen pada tahun 1954,  Williams menandatangani kontrak rekaman dengan Cadence Records , sebuah label kecil di New York, dijalankan oleh konduktor Archie Bleyer . Single ketiga Williams, " Canadian Sunset ", mencapai No 7 di Top Ten pada Agustus 1956; diikuti pada Februari 1957 dengan satu-satunya hit Billboard No. 1, "Butterfly" , sebuah cover dari rekaman Charlie Gracie . "Kupu-kupu" juga menjadi No. 1 selama dua minggu di UK Singles Chart pada bulan Mei 1957. Album hit lainnya menyusul, termasuk "The Hawaiian Wedding Song" (US # 11), " Are You Sincere? " (US # 3 pada bulan Februari 1958), " The Village of St. Bernadette " (US # 7 pada Desember 1959), " Lonely Street " (US # 5 pada September 1959), dan " I Like Your Kind of Love " dengan Peggy Powers (US # 8 in Mei 1957).


1962–1980: Tahun-tahun Columbia

Pada 15 Desember 1962, Williams menikah dengan Claudine Longet , dan menandatangani kontrak dengan Columbia Records . Album pertamanya dengan Columbia, Danny Boy dan Lagu Lain I Love to Sing , sukses di tangga lagu, memuncak di No. 19. Dia kemudian diminta untuk menyanyikan " Moon River ", tema dari Breakfast at Tiffany's , di Academy Awards 1962 , di mana ia memenangkan Lagu Asli Terbaik. Archie Bleyer dari Cadence sebelumnya mengatakan kepada Williams bahwa "Moon River" tidak akan menjadi hit, tetapi produser Columbia mendorong Andy untuk merekam lagu tersebut bersama dengan sebelas tema film lainnya untuk sebuah album. Setelah Williams membawakan lagu itu di acara penghargaan, lagu itu menjadi hit. Moon River dan Tema Film Hebat Lainnya kemudian dijual di seluruh negeri, mendapatkan pujian kritis dan mendorong Williams menjadi bintang. Album ini bertahan di tangga lagu selama tiga tahun berikutnya dan mencapai posisi No. 3. Pada tahun 1963, produser Williams Robert Mersey mendorongnya untuk merekam " Can't Get Used to Losing You " sebagai B Side untuk " Days of Wine and Roses ". Williams awalnya tidak menyukai lagu pop, lebih memilih lagu Mancini, tetapi "Can't Get Used to Losing You" mencapai No 2 di AS dan di Inggris. Album yang berisi kedua lagu, Days of Wine and Roses dan Other TV Requests , menduduki puncak tangga album di No. 1 selama 16 minggu.


Dari 1962 hingga 1972, Williams adalah salah satu vokalis paling populer di negara ini dan menandatangani kontrak rekaman terbesar dalam sejarah pada saat itu. Dia terutama adalah seorang artis album, dan pada suatu waktu dia telah merekam lebih banyak album emas daripada artis solo mana pun kecuali Frank Sinatra, Johnny Mathis, dan Elvis Presley. Pada tahun 1973 dia telah mendapatkan sebanyak 17 penghargaan album emas. Di antara album-album hitnya dari periode ini adalah Album Natal Andy Williams , Dear Heart , The Shadow of Your Smile , Love, Andy , Happy Heart , Get Together with Andy Williams , Love Story , dan Love Theme from the Godfather . Rekaman ini, bersama dengan ketertarikan alaminya pada musik tahun 1960-an dan awal 1970-an, digabungkan untuk menjadikannya salah satu penyanyi utama yang easy listening pada era itu.



Williams pada tahun 1969 di The Andy Williams Show

Di Inggris, Williams terus meraih status chart tinggi hingga 1978. Album Dear Heart (1965), Love Andy (1967), Can't Help Falling in Love (1970), Andy Williams Show (1970), Home Lovin 'Man (No. 1, 1971), Solitaire (1973), The Way We Were (1974) dan Reflections (1978) semuanya mencapai Top 10.


Williams menjalin hubungan kolaboratif tidak langsung dengan Henry Mancini , meskipun mereka tidak pernah merekam bersama. Baik "Moon River" dan "Days of Wine and Roses" ditulis oleh Mancini, dengan lirik oleh Johnny Mercer . Williams menyanyikan " Dear Heart " Mancini di Academy Awards 1965 dan " The Sweetheart Tree " (juga ditulis dengan Mercer) di Penghargaan 1966.


Pada tanggal 5 Agustus 1966, kasino dan klub malam Caesars Palace setinggi 14 lantai dan 700 kamar dibuka di Las Vegas, Nevada , dengan produksi panggung "Rome Swings", yang dibintangi oleh Williams. Dia tampil di hadapan penonton yang terjual habis di showroom Circus Maximus. Dia menjadi headline untuk Caesars selama dua puluh tahun ke depan.


Pada 17 September 1968, Columbia merilis satu dari dua lagu yang dinyanyikan Williams pada pemakaman Robert F. Kennedy , teman dekatnya: " The Battle Hymn of the Republic " dan Franz Schubert 's Ave Maria ". Lagu-lagu ini tidak pernah dirilis pada rekor bermain lama tetapi telah muncul dalam beberapa kompilasi keluaran Williams.


Williams juga berkompetisi di pasar single yang berorientasi pada remaja dan memiliki beberapa lagu hit, termasuk " Can't Get Used to Losing You ", " Happy Heart ", dan "Where Do I Begin" , lagu tema dari film blockbuster tahun 1970 Love Cerita . Selain itu, Williams mencapai Top 10 UK Singles Chart dengan " Almost There " (1964), " Can't Help Falling in Love " (1970), " Home Lovin 'Man " (1970) dan "Solitaire" (1973 ).


Williams dan Petula Clark merekam " Happy Heart " sekitar waktu yang sama, tepat sebelum penampilan tamunya di acara spesial NBC-TV keduanya. Tidak menyadari bahwa dia merilis lagu itu sebagai single, dia meminta untuk membawakannya di acara itu. Eksposur akhirnya menyebabkan dia memiliki hit yang lebih besar dengan lagu tersebut. Lagu "Happy Heart" digunakan untuk adegan terakhir dan kredit akhir film debut sutradara pemenang penghargaan Danny Boyle , Shallow Grave (1994).


1962–1971: Pertunjukan Andy Williams

Berdasarkan pengalamannya dengan Allen dan beberapa variety show jangka pendek pada 1950-an, ia menjadi bintang variety show televisi mingguannya sendiri pada musim gugur 1962. Meskipun dibatalkan setelah 1963 karena rating yang rendah, acara itu kemudian disponsori untuk membuat 12 menu spesial mingguan pada musim 1963–1964. Serial ini, The Andy Williams Show , memenangkan tiga Emmy Awards untuk program variety yang luar biasa. Di antara pelanggan tetap serialnya adalah Osmond Brothers . Dia meninggalkan variety show pada tahun 1971 ketika masih populer, melanjutkan dengan tiga spesial per tahun. Spesial Natalnya, yang muncul secara teratur hingga 1974 dan sesekali dari 1982 hingga 1990-an, termasuk di antara genre yang paling populer. Williams merekam delapan album Natal selama bertahun-tahun dan dikenal sebagai "Mr. Christmas", karena spesial Natal abadi dan kesuksesan " It's the Most Wonderful Time of the Year ".



Williams dengan Osmond Brothers di The Andy Williams Show, 1964

Williams menjadi pembawa acara Grammy paling banyak — tujuh pertunjukan berturut-turut — dari Penghargaan Grammy Tahunan ke - 13 pada tahun 1971 hingga Penghargaan ke - 19 pada tahun 1977. Dia kembali ke televisi dengan serial setengah jam bersindikasi pada tahun 1976–77. Pada awal 1970-an, ketika Pemerintahan Nixon berusaha mendeportasi John Lennon , Williams adalah pembela yang blak-blakan atas hak mantan Beatle untuk tinggal di Amerika Serikat. Williams termasuk dalam montase karikatur di sampul album Ringo Starr tahun 1973, Ringo . Williams tampil selama pertunjukan paruh waktu Super Bowl VII pada Januari 1973, yang diadakan di Los Angeles Memorial Coliseum .




1991–2012: Di Moon River Theatre


Williams di Teater Moon River di Branson, Missouri, 2006

Pada Juni 1991, saudara laki-laki Williams, Don, mengundangnya ke kota kecil Ozarks di Branson, Missouri . Don Williams pada saat itu adalah manajer penghibur Ray Stevens , yang baru saja membuka teater di Branson. Saat menghadiri pertunjukan Stevens, Williams didorong oleh banyak tamu Branson untuk membuka tempat di kota. Hal ini membuat Williams membangun teaternya sendiri di Branson pada musim 1992, yang akhirnya dibuka pada 1 Mei 1992, sebagai Teater Moon River. Nama itu berasal dari lagu khasnya. Itu kemudian menjadi teater pertama yang ditampilkan dalam Intisari Arsitektur , dan juga memenangkan Penghargaan Konservasi 1992 dari Negara Bagian Missouri . 


Teater ini dirancang untuk menyatu dengan medan kasar Pegunungan Ozark. Dia awalnya merencanakan teater bergaya marmer yang mengingatkan pada Paviliun Dorothy Chandler di Los Angeles, tetapi segera berubah pikiran. Perusahaan Larson di Tucson, Arizona, membuat bagian batu di Missouri's Highway 76 dan teater itu segera dipenuhi dengan air terjun, kolam berisi ikan koi, pakis, dan pepohonan asli Ozarks. Bagian dalam teater menggabungkan bagian luar. Pepohonan dan tumbuhan terlihat di seluruh tiga lobi teater. Lantai kayu ek disertai dengan dinding kayu mahoni bergaris pita Afrika yang dipenuhi dengan gambar Pertunjukan Televisi Andy Williams. Semangat Williams untuk seni juga terlihat di seluruh. Dari awal karirnya, Williams telah mengumpulkan beberapa lukisan dan patung dan memutuskan untuk mengisi teaternya dengan koleksinya. Frankenthaler , Diebenkorn , Oldenburg , Pollock , Klee dan Moore adalah daftar kecil seniman yang karyanya dipamerkan di Teater Sungai Bulan. 


Auditorium teater dapat menampung 2.054 orang. Tempat duduknya bergaya stadion untuk pemandangan terbaik. Kursi dan karpetnya cocok dengan koleksi permadani Navajo Williams dan berwarna hijau hutan, magenta, emas dan biru. Dipajang di dalam auditorium terdapat sembilan belas Kimono Jepang. Panggung tersebut telah menampung banyak pertunjukan dan selebriti tamu. Di atas panggung, Williams ditemani oleh Glen Campbell , Ann-Margret , Petula Clark dan Charo . Teater ini juga menjadi tuan rumah bagi Phyllis Diller , Pat Boone , The Osmond Family , Robert Goulet , Rich Little , Shari Lewis & Lamb Chop, David Copperfield , Pat Benatar dan Broadway on Ice yang dibintangi oleh Nancy Kerrigan , Tara Lipinski dan Rudy Galindo .


Ketika pertama kali dibuka, itu unik karena dia adalah artis non-country pertama yang dibuka di kota musik yang sebagian besar adalah country. Dikatakan bahwa dia berkecil hati oleh banyak orang di kampung halamannya di California untuk melakukan tindakan yang begitu berani, tetapi itulah yang dia inginkan. Penghibur non-country lainnya seperti Bobby Vinton , Tony Orlando , Wayne Newton dan Osmond Brothers segera menyusul. 


Williams dan teaternya ditampilkan dalam tiga episode sinetron As the World Turns pada Juli 2007 di mana beberapa karakter pergi ke Branson untuk konser " Gwen Munson " yang diadakan di Teater Moon River. The Simpsons menampilkan Williams di Moon River Theatre dalam sebuah episode berjudul " Bart on the Road ". Nelson Muntz adalah penggemar Andy Williams, dan dalam episode tersebut dia memaksa gengnya untuk memutar ke Branson agar dia bisa melihat idolanya. Dia meneteskan air mata saat Williams menampilkan "Moon River" selama encore kedua.


Pada 2007, Williams membuka Moon River Grill yang berdekatan dengan teaternya di Branson. Restoran ini didekorasi dengan foto-foto dari Andy Williams Television Show dengan bintang-bintang termasuk Diana Ross , Elton John dan Sammy Davis, Jr. Seni menjadi panggung utama di restoran, dengan karya-karya beberapa seniman termasuk Andy Warhol dan Robert Indiana . 


Pada tahun 1995, We Need a Little Christmas menjadi Album Emas ke-18 Williams.


Rekamannya pada tahun 1967 tentang " Music to Watch Girls By " menjadi hit besar di Inggris bagi pemirsa televisi muda pada tahun 1999, ketika mencapai No. 9 setelah ditampilkan dalam iklan televisi baru untuk Fiat Punto — dan kemudian untuk Diet Pepsi — mengalahkan puncak aslinya dari No. 33 pada tahun 1967. Sebuah generasi baru diingatkan akan rekaman Williams dan tur Inggris yang terjual habis mengikuti kesuksesan single tersebut, mendorong British Revival untuk Williams. Pada tahun 2002, dia merekam ulang " Can't Take My Eyes Off You " sebagai duet dengan aktris dan penyanyi Inggris Denise van Outen ; itu mencapai No. 23 di tangga lagu single Inggris. Dia menyelesaikan tur Inggris dan Asia yang terjual habis pada musim dingin dan musim panas 2007, di mana dia tampil di beberapa ruang konser besar termasuk Royal Albert Hall , menyanyi, di antara musik klasik lainnya, " Have I Told " karya Van Morrison Anda Akhir-akhir ini ".


Williams kembali ke tangga lagu single Inggris dengan rekaman 1963 " It's the Most Wonderful Time of the Year " pada Desember 2007, berkat iklan untuk Marks & Spencer , mencapai No. 21 dalam penampilan pertamanya di tangga lagu Inggris, juga mencapai No. 108 di EU Top 200. Pada tahun 2008 ia melakukan lip-sync rekaman berusia 45 tahun itu untuk menyambut Santa di akhir Parade Hari Thanksgiving Macy . Pada tanggal 3 Oktober 2009, Williams tampil langsung di Strictly Come Dancing BBC di London, menyanyikan "Moon River" untuk mempromosikan The Very Best of Andy Williams LP edisi Inggris, yang memuncak di No 10 di pop utama grafik.


Usaha Bisnis 

Pada tahun 1964, Williams akhirnya menjadi pemilik master kaset Irama, yang kadang-kadang ia lisensikan ke Columbia, termasuk tidak hanya rekamannya sendiri, tetapi juga milik rekan satu label di era Cadence: The Everly Brothers , Lenny Welch , The Chordettes , dan Johnny Tillotson . Pada tahun 1968, meskipun dia masih terikat kontrak dengan Columbia untuk rekamannya sendiri, Williams membentuk perusahaan terpisah bernama Barnaby Records untuk menangani tidak hanya penerbitan ulang materi Cadence, terutama dari Everly Brothers (salah satu piringan hitam Barnaby pertama adalah double Kumpulan LP dari Cadence hits lama milik Brothers 'tetapi juga artis baru. Barnaby juga memiliki beberapa hit Top 40 pada 1970-an dengan artis kebaruan Ray Stevens (yang telah melakukan pertunjukan pengganti musim panas untuk Williams pada 1970), termasuk hit nomor satu seperti " Everything Is Beautiful " pada 1970 dan " The Streak " pada 1974 .


Juga pada tahun 1970, Barnaby menandatangani dan merilis album pertama oleh penyanyi-penulis lagu yang tidak dikenal bernama Jimmy Buffett ( Jimmy Buffett Down to Earth ) yang diproduksi oleh Travis Turk. Columbia awalnya adalah distributor untuk Barnaby, tetapi kemudian distribusi ditangani terlebih dahulu oleh MGM Records dan kemudian General Recorded Tape . Setelah Barnaby berhenti beroperasi sebagai perusahaan rekaman yang berfungsi pada akhir 1970-an, Williams melisensikan materi Cadence lama ke berbagai label lain (seperti Varese & Rhino di AS) setelah 1980.


Politik 

Williams berteman dekat dengan Robert F. Kennedy dan istrinya, Ethel Kennedy , dan berkampanye pada 1968 untuk Kennedy dalam pemilihan utama presiden dari Partai Demokrat . Williams termasuk di antara selebritas yang berada dalam rombongan Kennedy di Ambassador Hotel di Los Angeles ketika Kennedy ditembak dan terluka parah oleh Sirhan Sirhan pada bulan Juni 1968. Williams menyanyikan "Battle Hymn of the Republic" di pemakaman RFK, atas permintaan Ethel . Pada Agustus 1969, Williams dan Claudine Longet menamai putra mereka yang baru lahir, Bobby, dengan nama Kennedy. Persahabatan Williams dengan Ethel Kennedy bertahan, dengan Williams bertugas sebagai pendamping ke Ethel di berbagai acara pada tahun 1970-an. Dia juga mengumpulkan dana untuk kampanye kepresidenan George McGovern tahun 1972 , tampil di konser amal . 


Williams kemudian mengatakan bahwa terlepas dari persahabatannya dengan Demokrat Kennedy, dia adalah seorang Republikan seumur hidup. Pada tahun 2009, ia dikutip oleh The Daily Telegraph yang menuduh Presiden Barack Obama "mengikuti teori Marxis" dan "ingin negara itu gagal". Williams memberi izin kepada Rush Limbaugh untuk menggunakan rekaman lagu " Born Free " sebagai tema "Pembaruan Hak Hewan" di acara radio Limbaugh — di mana sebagian dari lagu tersebut kemudian diikuti dengan tembakan— mengatakan "Hei, aku tidak masalah. Aku suka apa yang kamu lakukan dengannya." Perusahaan rekaman kemudian memblokir penggunaan rekaman tersebut oleh Limbaugh. Williams adalah tamu di Program Radio Glenn Beck pada bulan Desember 2009, diperkenalkan oleh rekamannya sendiri pada tahun 1960-an tentang "Little Altar Boy".


Kehidupan Pribadi

Williams bertemu Claudine Longet kelahiran Prancis di Las Vegas ketika mobilnya mogok dan dia menawarkan bantuan. Dia adalah seorang penari pada saat itu di Folies Bergère . Mereka menikah pada 15 Desember 1961, dan selama delapan tahun berikutnya mereka memiliki tiga anak — Noelle, Christian (meninggal 2019), dan Robert. Setelah berpisah pada tahun 1970, Williams dan Longet bercerai pada tahun 1975, tetapi mereka tetap berteman. Pada bulan Maret 1976, Longet dituduh menembak mati pacarnya, pembalap ski alpine Spider Sabich , di Aspen . Williams memainkan peran publik dalam acara-acara berikutnya, mengawalnya ke dan dari ruang sidang, bersaksi tentang karakternya di persidangan dan memberikan bantuan hukum. Longet mengklaim penembakan itu tidak disengaja, dan akhirnya menjalani hukuman 30 hari penjara. (Untuk detail tentang uji coba, lihat entri Wikipedia di Claudine Longet .) Sejak pembentukan tim pada tahun 1968 hingga 1987, Andy Williams juga memiliki sebagian kepemilikan atas Phoenix Suns , sebuah tim NBA . [ butuh rujukan ] Pada 3 Mei 1991, Williams menikah dengan Debbie Haas, née Meyer, yang dia temui melalui seorang teman bersama. Mereka membangun rumah mereka di Branson, Missouri , dan La Quinta, California , di mana dia dikenal sebagai "walikota kehormatan". Williams adalah seorang kolektor seni modern dan rumahnya telah ditampilkan dalam Architectural Digest . Tempat kelahiran Williams di Iowa adalah atraksi turis dan buka hampir sepanjang tahun.


Hobi 

Williams adalah pegolf yang rajin dan menjadi tuan rumah turnamen golf PGA Tour di San Diego dari 1968 hingga 1988 di Torrey Pines . Kemudian dikenal sebagai "Andy Williams San Diego Open", turnamen berlanjut sebagai Farmers Insurance Open , biasanya dimainkan pada bulan Februari. Dia juga seorang seluncur es yang kompeten, dan kadang-kadang berseluncur sebagai bagian dari acara Natal di televisi. 


Williams di turnamen golf Bob Hope Classic , 1986

Williams adalah seorang kolektor selimut Navajo yang terkenal . Koleksinya telah digantung di rumahnya, kantornya, dan Teater Sungai Bulan, dan dipamerkan di Museum Seni Saint Louis pada tahun 1997–1998. Koleksi Williams bernilai lebih dari $ 1 juta oleh Sotheby's , dan dijual oleh mereka pada tanggal 21 Mei 2013, menghasilkan $ 978.506 (£ 642.064). 


Penyakit dan Kematian 

Dalam penampilan yang mengejutkan di teaternya pada November 2011, Williams mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker kandung kemih. Setelah perawatan kemoterapi di Houston , ia dan istrinya pindah ke sebuah rumah kontrakan di Malibu, California , agar lebih dekat dengan spesialis kanker di daerah Los Angeles . Pada 25 September 2012, Williams meninggal karena kanker kandung kemih pada usia 84 tahun di rumahnya di Branson, Missouri. Williams dikremasi dan abunya ditaburkan ke saluran air buatan bernama Moon River di teaternya di Branson. Upacara peringatan untuk Williams diadakan sebulan kemudian. 


Penghargaan dan Prestasi

Pertunjukan Andy Williams memenangkan tiga Penghargaan Emmy pada tahun 1963, 1966, dan 1967 untuk Seri Variasi Luar Biasa. Andy Williams juga mendapatkan enam nominasi Grammy: Society of Singers Lifetime Achievement Award , 2008. Bintangi Walk of Fame Hollywood


Diskografi 

Diskografi ekstensif Andy Williams dimulai dengan perilisan single 1948 "Jubilee" sebagai anggota Williams Brothers bersama Kay Thompson . Dia merekam album solo pertamanya, Andy Williams Sings Steve Allen , 8 tahun kemudian, dan tetap aktif di industri musik selama 56 tahun berikutnya, menyelesaikan total 43 album studio, bersama album kompilasi dan banyak lagi.


Album Diantaranya 

Andy Williams Menyanyikan Steve Allen (1956)

Andy Williams Menyanyikan Rodgers dan Hammerstein (1958)

Pemenang Dua Kali (1959)

To You Sweetheart, Aloha (1959)

Lonely Street (1959)

The Village of St.Bernadette (1960)

Under Paris Skies (1960)

Danny Boy and Other Songs I Love to Sing (1962)

Moon River dan Tema Film Hebat Lainnya (1962)

Juta Lagu Penjual (1962)

Hangat dan Bersedia (1962)

Days of Wine and Roses dan Permintaan TV Lainnya (1963)

Album Natal Andy Williams (1963)

The Wonderful World of Andy Williams (1964)

Pemenang Academy Award "Call Me Irresponsible" dan Lagu Hit Lainnya dari Film (1964)

Lagu-lagu Hebat dari "My Fair Lady" dan Hits Broadway Lainnya (1964)

Andy Williams 'Dear Heart (1965)

Selamat Natal (1965)

The Shadow of Your Smile (1966)

In the Arms of Love (1966)

Lahir Gratis (1967)

Love, Andy (1967)

Madu (1968)

Happy Heart (1969)

Get Together with Andy Williams (1969)

Raindrops Keep Fallin 'on My Head (1970)

Pertunjukan Andy Williams (1970)

Love Story (1971)

You're Got a Friend (1971)

Tema Cinta dari "The Godfather" (1972)

Alone Again (Naturally) (1972)

Solitaire (1973)

The Way We Were (1974)

Hadiah Natal (1974)

You Lay So Easy on My Mind (1974)

The Other Side of Me (1975)

Andy (1976)

Let's Love While We Can (1980)

Greatest Love Classics (1984)

Cukup Dekat untuk Cinta (1986)

Saya Masih Percaya Sinterklas (1990)

Nashville (1991)

We Need a Little Christmas (1995)

I Don't Remember Ever Growing Up (2007) . (T.L)

TerPopuler