Kamala Harris, Wanita Pertama Jadi Wapres AS -->

Kamala Harris, Wanita Pertama Jadi Wapres AS

Rabu, 18 November 2020, November 18, 2020


Republiknews.com – WASHINGTON, Pentas politik Amerika Serikat bergeser sudah. sebuah sejarah baru tercipta. Adalah Kamala Harris pencipta sejarah. Dia menjadi perempuan yang menciptakan sejarah dalam perpolitikan Amerika Serikat (AS). Dia menjadi perempuan pertama yang menjadi sebagai wakil presiden terpilih. Dia juga merupakan wakil presiden terpilih dari keturunan kulit hitam dan Asia Selatan yang pertama. Harris merepresentasikan kekuatan politik dengan wajah baru.


Senator California yang menciptakan sejarah itu merepresentasikan jutaan perempuan dalam demografi AS. Perempuan AS memang kerap tidak direpresentasikan dalam sistem politik AS. Secara sistem, perempuan juga kerap diabaikan dalam politik AS. Dan Harris mampu menolong perempuan masuk dalam sistem politik AS yang dikenal dikuasai pria dan orang tua untuk pertama kalinya dalam sejarah AS.


“Kita berhasil, kita bisa mewujudkannya, Joe. Anda adalah presiden terpilih AS,” kata Harris pada statusnya di Twitter setelah dinyatakan resmi memperoleh suara elektoral lebih banyak dibandingkan Donald Trump.


Kemenangan Harris dan Biden yang diproyeksikan banyak media AS merefleksikan elektoral yang terbelah sangat dalam. Kejayaan Harris, secara khusus menandai salah satu titik penting dalam kariernya dari jaksa distrik di San Francisco hingga jaksa agung California kemudian menjadi Senator kulit hitam kedua dalam sejarah AS.


“Saya merupakan wasiat dari dedikasi generasi sebelum saya,” kata Harris saat pidato penerimaan cawapres di Konvensi Nasional Demokrat pada Agustus lalu. Dia menyebut banyak perempuan hebat dalam sejarah AS seperti Constance Baker Motley, Fannie Lou Hamer dan Shirley Chisholm. “Perempuan dan lelaki sangat percaya pada janji keseteraan, kebebasan dan keadilan bagi semua,” katanya.


Harris pernah berkuliah di Universitas Howard, universitas yang sejarah dikaitkan kulit hitam di Washington, pernah bergabung dengan Alpha Kappa Alpha Sorority Inc., yang mempengaruhi visi politiknya. Aktivitas itu menjadikan Harris mampu menjadi dirinya sendiri. Dia pun tak malu menyebut organisasi atau orang yang ikut mengantarkan kesuksesannya dalam dunia politik.


Sebagai perempuan keturunan kulit hitam dan India yang bertarung di ranah mayoritas kulit putih, petualangan Harris menuju Gedung Putih merupakan suatu yang patut dibanggakan. Pemilih AS pun mendukungnya (T.L)

TerPopuler