Pertemuan Konsultasi Politik Pertama, Indonesia-Kolombia Perkuat Kerja Sama di Tengah Pandemi dan Tantangan Global -->

Pertemuan Konsultasi Politik Pertama, Indonesia-Kolombia Perkuat Kerja Sama di Tengah Pandemi dan Tantangan Global

Rabu, 04 November 2020, November 04, 2020


Republiknews.com, - Jakarta, Indonesia -

Untuk memperkuat kerja sama yang telah berjalan selama 40 tahun, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Republik Kolombia telah sepakati untuk menilai kerja sama dalam Pertemuan Konsultasi Politik yang pertama secara virtual di tingkat Pejabat Tinggi (03/11 / 2020).


“Pertemuan tersebut merupakan keinginan oleh keinginan kedua negara untuk bekerja sama dalam tantangan multi-dimensi yang sedang berada di dunia saat ini,” ucap Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Ngurah Swajaya, selaku Ketua Delegasi Indonesia. 


Hal ini juga bekerja oleh delegasi Kolombia yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri Kolombia, Francisco Javier Echeverri. “Kolombia menghargai pertemuan konsultasi ini sebagai sebuah capaian penting memasuki 40 tahun hubungan diplomatik kedua negara," tambah Wakil Menteri Luar Negeri Kolombia. 


Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menlu RI dengan Menlu Kolombia, 5 Agustus lalu yang menyetujui Pembebasan Visa bagi Pemegang Paspor Biasa untuk tingkatkan interaksi ekonomi dan pariwisata. 


Pada pertemuan Konsultasi Politik ini, beberapa bidang kerja sama yang telah disepakati untuk di tingkatkan adalah:


Bidang kesehatan, khususnya tukar menukar informasi ketahanan kesehatan masyarakat, termasuk tele-drugs;

Peningkatan kunjungan tingkat tinggi;

Anti-narkotika;

Pertanian, kelautan dan perikanan;

Kebudayaan dan olah raga; dan

Industri kreatif dan pendidikan diplomatik.

“Kami juga sepakat agar perdagangan dan investasi kedua negara ditingkatkan melalui berbagai upaya, termasuk gagasan perjanjian perdagangan preferensial untuk meningkatkan akses Pasar masing-masing," ujar Ngurah Swajaya. Delegasi Indonesia juga menjelaskan upaya terobosan Pemerintah dalam menyederhanakan aturan, meningkatkan kondisi berbisnis dan tingkatkan daya saing Indonesia.


Kedua delegasi juga membahas kerja sama dalam kerangka organisasi regional, yakni di ASEAN dan Aliansi Pasifik. Ketua delegasi Kolombia juga pastikan partisipasi pengusaha Kolombia dalam forum bisnis Indonesia-Latin America and the Caribbean (INA-LAC) Business Forum 2020 yang akan diselenggarakan secara hybrid oleh Kementerian Luar Negeri RI pada tanggal 9-11 November 2020.


Kolombia merupakan mitra dagang terbesar ke-7 Indonesia di kawasan Amerika Latin dan Karibia, dengan nilai perdagangan mencapai 152 juta Dolar AS pada tahun 2019. Kedua negara memulai hubungan diplomatik sejak 15 September 1980. Konsultasi Politik akan diselenggarakan secara teratur setiap tahun.sumber Kemenlu. (TL)

TerPopuler