Sekolah dibuka Awal Januari 2021 -->

Sekolah dibuka Awal Januari 2021

Minggu, 22 November 2020, November 22, 2020
Ilustrasi. Sumber foto:idntimes


Republiknews.com, - Tatap Muka secara langsung bagi siswa sekolah akan dimulai awal januari 2021. Demikian seperti disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud)RI, Nadiem Makarim melalui siaran pers secara daring, pada jumat(20/11/20) kemarin. 


Keputusan tersebut diambil berdasarkan Surat Keputusan Bersama(SKB) empat Kementrian diantaranya Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada Semester Genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 dimasa pandemi Covid19. 


Berdasarkan SKB tersebut, Nadiem mengatakan bahwa pemerintah  memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah(Pemda) dan Kanwil Kementrian Agama untuk menentukan pembelajaran tatap muka secara langsung. 


Kebijakan itu dinyatakan mulai berlaku pada semester genap pada januari 2021, untuk itu Nadiem meminta supaya setiap sekolah mempersiapkan diri sejak sekarang. 


Selain itu, Nadiem mempertegas soal protokol kesehatan yang menjadi kewajiban dalam penyelenggaraan pembelajaran nanti. 


" Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan keweanangan kepada pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama, untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya," ujar Nadiem.


Meski demikian, perlu adanya kebijakan dari pihak sekolah itu sendiri agar pembelajaran tatap muka ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan. 


" Sekali lagi harus saya tekankan, pembelajaran tatap muka ini diperbolehkan, tidak diwajibkan. Diperbolehkan dan keputusan itu ada di pemda, kepala sekolah dan orang tua yaitu komite sekolah," ujar Nadiem.


"Jadi ada tiga pihak yang akan menentukan apakah sekolah itu boleh dibuka. Kalau tiga pihak ini tidak mengizinkan sekolah itu buka, maka sekolah itu tidak diperkenankan untuk dibuka. Tapi kalau tiga pihak itu setuju, berarti sekolah itu mulai boleh melaksanakan tatap muka ya," kata Nadiem  menjelaskan. (-Red)









TerPopuler