BPKP Papua Pantau Bantuan Operasional Pesantren -->

BPKP Papua Pantau Bantuan Operasional Pesantren

Rabu, 09 Desember 2020, Desember 09, 2020


Republiknews.com – JAYAPURA, Di masa pandemi Covid-19 saat ini, berbagai bantuan diluncurkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat. Salah satu bantuan pemerintah adalah Bantuan Operasional Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam (BOPP) dan Bantuan Pembelajaran Daring (BPD) Pesantren. Selasa (8/12/2020)


BOPP pada masa pandemi Covid-19 adalah bantuan pemerintah yang diberikan untuk biaya operasional dan biaya kebutuhan pemenuhan protokol kesehatan. Adapun BPD Pesantren pada masa pandemi COVID-19 adalah bantuan pemerintah yang diberikan untuk dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di pesantren


Demi memastikan bantuan tersebut diterima, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat guna, serta tertib administrasi, BPKP Papua melakukan reviu atas bantuan tersebut pada bulan November 2020.


Jumlah penerima bantuan di Kota Jayapura sebanyak 11 pesantren dan pendidikan keagamaan Islam (Pakis), dengan total keseluruhan penerima bantuan di Provinsi Papua sebanyak 78 Pesantren dan Pakis. Jumlah bantuan yang diterima berkisar Rp10-50 juta.


Tim BPKP Papua, yang dalam hal ini diwakili dari Bidang IPP melakukan reviu ke pondok pesantren dan Pakis yang mendapatkan bantuan di Kota Jayapura. Beberapa Pondok Pesantren sudah menggunakan dana bantuan, di antaranya untuk biaya operasional, kebutuhan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, serta biaya komponen-komponen pendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Dengan adanya reviu ini diharapkan akuntabilitas pengelolaan bantuan bisa tercapai.sumber kominfo bpkp papua. (T.L)

TerPopuler