Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Menang Mutlak di Supiori, IMANI : menjadi Kado Natal Bagi Masyarakat Supiori

Republiknews
Jumat, 18 Desember 2020, Desember 18, 2020 WIB Last Updated 2020-12-19T03:53:11Z


Republiknew.com – Supiori, Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Supiori, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre ditetapkan sebagai pemenang  Pilkada Supiori tahun 2020 setelah meraih suara terbanyak 4.493 atau 31 persen, unggul mutlak dari pasangan calon Ruth Naomi Rumkabu,SPd dan Yan Piet Karel Pariaribo (NAPI) yang meraih suara 3.704 atau 26 persen.


Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Supiori tahun 2020 yang berlangsung di Balai Kesenian Supiori, Rabu (16/1/2020)  berjalan dengan aman. Rapat Pleno  berlangsung dari pukul 11.00 WIT hingga pukul 23.35 WIT.


Dari hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Supiori, pasangan calon yang dikenal luas dengan tagline “IMANI” unggul di 4 distrik, di Distrik Supiori Timur, IMANI mendapatkan suara terbanyak 1.829  dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Supiori Timur, 6.116.


Selanjutnya untuk Distrik Supiori Barat, Paslon IMANI mendapatkan suara 570 suara, unggul 50 suara dari paslon NAPI yang membuntuti dengan 520 suara dari jumlah DPT, 1.906.


Untuk Supiori Utara, paslon IMANI mendapatkan suara 624, unggul 284 suara dari Paslon Ronny Mamoribo-Albert Rumbekwan (MARUM) yang membuntuti dengan suara 340 suara dari jumlah DPT 1.653.


Sementara itu, paslon IMANI juga mempertegas kemenanangan di Distrik Kepulauan Aruri, dengan memperoleh suara 898, unggul 62 suara dari paslon NAPI yang mendapatkan suara 836 dari jumlah DPT 4.282.


Untuk Distrik Supiori Selatan, IMANI berada di peringkat ke II, dengan mendapatkan suara 572, sedangkan paslon NAPI mendapatkan suara 927 dari jumlah DPT. 2.884.


Merujuk Pada Keputusan KPU Kabupaten Supiori Nomor : 117/PL.02.6-Kpt/9119/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Supiori Tahun 2020, paslon IMANI dipastikan menang.  Tampaknya,  kemenangan IMANI tersebut  menjadi kado natal terindah bagi masyarakat Supiori.


“Jadi setelah pleno ini, kita pastikan bahwa hasil ini merupakan kemenangan mutlak bagi mereka masyarakat Supiori yang telah memberikan kepercayaan IMANI untuk memimpin Supiori lima tahun kedepan,”ungkap Calon Wakil Bupati, Nichodemus Ronsumbre dalam rilis yang dikirim oleh Media Center IMANI, Senin (16/12/2020).


Pria yang akrab disapa NR ini mengapresiasi KPU Supiori dan Bawaslu Supiori yang telah melaksanakan tugas dengan baik, hingga pleno penetapan hasil penghitungan suara.


”Kami mengapresiasi TNI-Polri yang mana telah bersama-sama dengan penyelenggara mengawal proses dari awal, hingga tahapan pencoblosan dan juga pleno yang telah dilakukan,” ungkap  Nichodemus.


“Kami pasangan IMANI sangat mengapresiasi kinerja dari teman-teman penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu dan juga pihak TNI-Polri, mulai dari tahapan awal hingga pencoblosan, serta pleno yang dilaksanakan ini,”bebernya lagi.


NR mengatakan,  jika ada paslon yang keberatan, berhak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun sesuai dengan ambang batas yang ditentukan.


”Tetapi saya sarankan kalau ada gugatan kita sama melihat kembali hasil perolehan suara, karena pengalaman saya waktu maju di Kabupaten Biak Numfor, sama saja, saya gugat juga percuma,”katanya.


Dirinya mengajak paslon lainnya mulai dari paslon nomor urut 1, Obeth Rumabar- Daud Marisan (RUMARI), Rut Naomi Rumkabu-Piet Yan Karel Pariabo (NAPI), Jakobus Kawer-Salomo Rumbekwan (JAKSO KAWAN) dan Ronny SG Mamoribo- Albert Rumbekwan (MARUM) untuk Bersama-sama bergandeng tangan membangun Kabupaten Supiori mewujudkan Supiori Menuju Sejahtera (SMS).


NR menjelaskan,  IMANI memuji kebesaran hati dari paslon NAPI yang berbesar hati menerima hasil pilkada Kabupaten Supiori, bahkan pernyataan pers tersebut disampaikan sebelum pleno hasil penghitungan suara dilakukan.


“Walaupun dalam kampanye kita berbeda pendapat, itu hal biasa, tentu kita punya strategi politik untuk meraup suara terbanyak, kami menghargai keputusan, dari paslon yang maju kan semua laki-laki, kami menghargai ibu Ruth Naomi Rumkabu,”jelasnya.


NR juga mengharapkan agar proses penetapan calon terpilih yang sedianya dilakukan pada tanggal 23 Desember 2020, dapat berlangsung dengan baik, hal ini terjadi jika tidak ada gugatan.

”Jika bisa ditetapkan sebagai calon terpilih, tentu kita menghimbau kepada seluruh masyarakat agar fokus untuk mempersiapkan diri menyambut natal,”tuturnya.


Sementara itu, Komisioner KPU Supiori Divisi Teknis, Marhaen Matoneng, SE, M.Si menjelaskan,   dengan dikeluarkan Keputusan KPU Nomor :117/PL.02.6-Kpt/9119/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Supiori Tahun 2020, maka pihaknya memberi waktu selama 3 x 24 jam kepada paslon yang merasa keberatan dengan putusan KPU Supiori untuk mengajukan gugatan materi ke MK, atau terhitung putusan KPU tersebut hinggga 3 hari kedepan.


“Waktu paslon yang berniat melakukan upaya hukum / Gugatan untuk mencari keadilan ke Makamah Konstitusi selama 3 x 24 jam sejak ditetapkan Rabu Pukul 23.09 WIT,” jelasnya.


Menurutnya, jika tidak ada paslon yang tidak melakukan gugatan ke MK, maka pada tanggal 23 Desember mendatang, KPU Supiori akan menetapkan calon terpilih.


“Batas ambang Pengajuan gugatan ke MK adalah 2 persen dari 14.724 sebesar 2,95 persen,” imbuh.


Berikut hasil pleno rekapitulasi  penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Supiori tahun 2020 sebagai berikut :


1.            Paslon nomor urut 1 RUMARI = 2.326 (16 persen)


2.            Paslon nomor urut 2 NAPI   = 3.704 (25 persen)


3.            Paslon nomor urut 3 KAWAN  = 1.193 (8 persen)


4.            Paslon nomor urut 4 MARUM  = 2.867  (20 persen)


5.            Paslon nomor urut 5 IMANI  = 4.493  (31 persen) jcn – (T.L)

Iklan

iklan