Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Program Dana Desa Tahun 2020 Desa Sinar Gunung Telah Selesai DiRealisasikan Sesuai Aturan Pemerintah

Republiknews
Jumat, 11 Desember 2020, Desember 11, 2020 WIB Last Updated 2020-12-12T02:51:08Z


Republiknews.com, Lampung Utara

Dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan pada tahap Pertama yaitu bulan 1.2.3 Tahun 2020 secara Tunai sebesar Rp.600.000/ PKM dengan Jumlah 36 KPM yang menerima di desa Sinar Gunung, Kecamatan  Abung Pekurun, Kabupaten lampung Utara.


Kades Sinar Gunung, Eef Sutanto ketika dikonfirmasi Media dikediamannya, Jum'at (11-12-2020),  menjelaskan mengenai proses pelaksanaan pembagian BLT " kita laksanakan sesuai aturan karena ada program tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat  saat di tengah pandemi Covid 19 tahun 2020, dalam pelaksanàan tersebut telah kita laksanakan. uang sudah kita salurkan ke setiap KPM, baik tunai maupun nontunai sudah terealisasi, tinggal  tahap terakhir yang belum direalisasikan yaitu pada bulan September 2020."Jelasnya.


Lanjut dikatakan, pada tahap pertama direalisasikan secara tunai senilai 600.000/KPM sudah tersalur secara tunai satu kali dan seterusnya yang Non Tunai tinggal tahap terakhir.


" Berikut yang tambahan 3 bulan, senilai Rp.300.000/KPM, Insya Allah minggu depan akan disalurkan langsung ke rekening masing masing KPM, dengan Jumlah  36 KPM" . 


Kemudian pada pencairan Dana Desa Termin terakhir akan disalurkan lagi BLT kepada 36 KPM yakni bulan Oktober, November dan Desember.


Selain itu, dimasa pandemi Covid19, pihaknya  juga memberikan bantuan berupa Galon Besar kepada setiap warga,  penyemprotan disinfektan  dengan obat yang bagus, begitu juga hand sanitizer. 


"Serta pengeluaran dana untuk posko Covid. Kita adakan 4 orang Petugas yang kita berikan Honor sebesar Rp.50.000/orang.kali 4 orang/hari selama 3 bulan Full. " jelasnya. 


" Alhamdulah program dana desa tahun 2020, telah kita laksanakan sesuai  program Pemerintah Pusat yang perlu kita laksanakan secara transparan bersama perangkat Desa dan masyarakat untuk Desa setempat sudah tersalur semua baik secara tunai maupun non tunai". Terangnya.


Lebih lanjut dikatakan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan fisik yaitu Pembangunan Rabat Beton 361 M, Sumur Bor 1 unit dan Bak Penampung Air 1 Unit serta pembangunan TPT 25 M yang telah selesai .


" Saat ini hanya pekerjaan fsik jaringan air sepanjang 137 meter yang masih dalam proses pengerjaan"Pungkasnya.


Menurut Pemantauan Tim Media dilapangan, berbagai bentuk kegiatan Fisik & Nonfisik telah terlaksana. (Desi)


Iklan

iklan