Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Bimtek SAKIP 2021 Resmi Dibuka Sekretaris Utama BMKG

Republiknews
Rabu, 27 Januari 2021, Januari 27, 2021 WIB Last Updated 2021-01-28T05:51:28Z


Republiknews.com – Jakarta, Sekretaris Utama BMKG Ir. Dwi Budi Sutrisno, MSc membuka kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021dengan mengangkat tema " Terwujudnya Pengelolaan Anggaran dan Kinerja BMKG yang Transparan, Efisien, Efektif, dan Akuntabel Melalui Penyelenggaraan Bimtek SAKIP" yang dilaksanakan di Grand Mercure Kemayoran secara Virtual Rabu (27/1/2021).


Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27-28 Januari 2021 secara fisik diikuti sebanyak 70 peserta yang melaksanakan tugas terkait pelaksanaan SAKIP, baik dari BMKG Pusat maupun Daerah. Adapun untuk narasumber terdiri dari Inspektur BMKG, Auditor dari Kemenpan-RB dan Auditor BMKG.


Sekretaris Utama dalam sambutannya mengatakan bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan instrumen yang digunakan oleh instansi pemerintah dalam memenuhi kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan ataupun kegagalan pelaksanaan misi organisasi.


Menurutnya, hal itu merupakan salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien dengan menerapkan SAKIP.


lebih lanjut, Dengan Sistem manajemen kinerja pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome). Tingkat keberhasilan implementasi manajemen kinerja instansi pemerintah, menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.


"Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, sistem pelaporan kinerja dan evaluasi, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan sehingga setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. Produk akhir SAKIP adalah LAKIP, yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN", terangnya.


Dwi Budi Sutrisno menjelaskan Hasil evaluasi atas AKIP BMKG ditahun 2019 atas laporan kinerja 2018 (sebagai catatan hasil evaluasi tahun 2020 atas laporan kinerja 2019 masih dalam proses penilaian Kemenpan RB) menunjukkan bahwa BMKG memperoleh nilai 72,51 atau masuk dalam kategori Predikat "BB".


Maka dari itu diharapkan kita dapat bekerja keras melakukan perbaikan implementasi SAKIP dengan lebih mengefektifkan penerapan budaya kinerja di tiap unit kerja BMKG, melaksanakan hasil rekomendasi dari Kemenpan RB atas evaluasi AKIP BMKG sehingga kedepannya akan tercapai target kita meraih predikat "A". paparnya.


Mengakhiri Sambutannya Dwi Budi Sutrisno mengatakan melalui Bimtek SAKIP Tahun 2021 ini marilah kita dukung dan sukseskan setiap usaha untuk mewujudkan VISI BMKG yang berkelas dunia dengan spirit socio-entrepreneur untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong. (T.L)

Iklan

iklan