Camat Sungkai Jaya Minta Kepala Desa Laksanakan Program DD Sesuai Aturan & Tepat Sasaran -->

Camat Sungkai Jaya Minta Kepala Desa Laksanakan Program DD Sesuai Aturan & Tepat Sasaran

Rabu, 13 Januari 2021, Januari 13, 2021


Republik News - Lampung Utara,

Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara.Yang  Membawahi 9 Desa..Camat Sungkai Jaya Berharap Program Dana Desa Tahun 2021. Dilaksanakan Sesuai Aturan & Tepat Sasaran


Berdasarkan Program Pemerintah  Pusat Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Dana Desa tahun 2021 akan diprioritaskan untuk Pembangunan Nasional Berkelanjutan di Desa atau fokus pada Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs Desa merupakan salah satu upaya terpadu untuk mewujudkan tercapainya  tujuan pembangunan Nasional berkelanjutan atau SDGs Nasional. Tiga poin yang menjadi fokus utama dalam prioitas penggunaan Dana Desa tahun 2021 antara lain, pertama, pemulihan ekonomi Nasional sesuai kewenangan Desa. 


Hal tersebut terkait dengan pembentukan, pengembangan, dan revitalisasi BUMDes/ BUMDesma; penyediaan listrik Desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola BUMDes/BUMDesma. 


Kedua, program prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa, diantaranya terkait dengan pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi; selain itu, pengembangan Desa Wisata; penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Desa serta terkait dengan Desa inklusif.


 Fokus ketiga berkaitan dengan kondisi pandemi saat ini yaitu adaptasi kebiasaan baru mengenai Desa Aman Covid-19.


Camat Sungkai Jaya,  Wartoni Ketika dikonfirmasi  pada Rabu, 13 Januari 2021, mengatakan " Saya minta Kepada seluruh Kepala Desa Se.Kecamatan Sungkai Jaya Bisa melaksanakan Tugasnya Masing-masing dengan baik. Seperti pelaksanaan Dana Desa Tahun 2021. saya berharap bisa dilaksanakan sesuai Aturan & Tepat Sasaran. Sehinga mewujudkan Desa yang mampu berkembang Maju. Dan dilaksanakan dengan benar apa yang diprogramkan dan apa yang harus didahulukan..dan saya  sebagai camat hanya bisa mendukung semua Program Desa. Yang penting benar- benar dilaksanakan sesuai RAB.Tepat Sasaran & Sesuai Aturan" terangnya. 


Lanjutnya, " saya juga tidak mau menandatangani Pengajuan Pencarian Dana Desa..kalau saya tidak melihat Langsung Fisiknya, begitu desa mengajukan saya langsung Turun ke Lokasi Pisik Kegiatan. Saya tidak mau tanda tangan kalau tidak lihat Fisiknya Langsung." tegasnya.


Lanjut dikatakan Mengenai Pajak pun itu merupakan kewajiban pokok bagi masyarakat. " Untuk membayarnya.dan itu menjadi PR kepala desa yang bertanggung Jawab Penuh untuk menyetorkan dana Pajak PBB.. Terutama 9 Desa yang Dikecamtan Sungkai Jaya..kabupten Lampung Utara Mempunyai Jak untuk Lebih Maju Dan Punya Kewajiban Taat Membayar Pajak."Pungkasnya.


Menurut Pemantauan awak media dilapangan kinerja Camat Sungkai Jaya yang selama ini cukup baik sejak menjabat 6 Tahun sebagai Semcam. Dan 5 Tahun Menjabat Camat Hingga Sekarang dengan Potensi dan  Profesi Wilayahnya cukup di memiliki kreatifitas  yang mampu jadi pemimpin di kecamatan Sungkai Jaya. Apalagi Camat berupaya keras mengajak Kepala Desa Untuk bersatu dalam mewujudkan kemajuan desanya masing- masing. (TIM-IWO)


TerPopuler