Joune Ganda : Pembawa Harapan Baru di Tanah Minahasa -->

Joune Ganda : Pembawa Harapan Baru di Tanah Minahasa

Minggu, 31 Januari 2021, Januari 31, 2021


Republiknews.com – Tomohon, Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Sulawesi Utara di Kota Tomohon, Joune Ganda terpilih sebagai Ketua pengurus Daerah (DPD), Sabtu (30/1/2021).


Sebelumnya Bupati Minut terpilih periode 2021-2026 ini di percayai memegang tajuk Pimpinan Sebagai Wakil Ketua PDIP DPD Sulut serta beberapa Jabatan Ketua lainnya, Berpasangan dengan Kevin William Lotulong (JG-KWL) sebagai Pasangan Bupati / Wakil Bupati Minut pada 9 Desember 2020 lalu. 


Torehan tinta emas yang dilakukan Joune Ganda terus saja menuai kepercayaan masyarakat untuk memimpin organisasi, JG sadar kalau tugasnya sebagai Ketua DPD PINKAN Sulut, tidaklah mudah. Pasalnya, tugas awal membawa Musik Kolintang mendapat pengakuan dunia internasional, ada dipundak bupati termuda pertama di Minut ini, seperti dilansir dari Komentar.co


Namun ia sadar kalau itu bertujuan supaya Musik Kolintang ini diakui seluruh dunia sebagai warisan budaya yang lahir dari Bumi Nyiur Melambai, terlebih di Tanah Tonsea sebagai bumi kelahirannya.


"Selama kita masih dipercaya, mengapa harus menolak tanggungjawab moril seperti ini," ucapnya.


Menurut beliau selaku Ketua terpilih DPD PINKAN Sulut, sangat antusias sehingga dibawah Komandonya, PINKAN akan melakukan banyak program kedepan. Salah satunya meraih pengakuan Internasional terhadap Musik Kolintang tersebut.


“Mari kita bersama-sama ikut mengembangkan Musik Kolintang baik di tingkat nasional dan internasional. Jika kita sendiri suka dan konsisten mencintai salah satu unsur budaya bernilai luhur ini, niscaya akan mudah kita semua memperkenalkan Kolintang ke dunia luar sebagai hak mutlak kearifan lokal kita," ujar pria yang juga dikenal memiliki suara merdu saat menyanyi.


Dikatakan Bupati Minut terpilih untuk periode 2021-2026 yang dekat dengan mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), Musik Kolintang jangan hanya dikenal di Sulut dan Indonesia saja, tapi perlu mendunia, sebab belum tentu di daerah lain, ada.


“Makanya saya mengajak semua pecinta budaya, mari kita semua menopang untuk tujuan membawa Musik Kolintang diakui dunia internasional dan disukai semua kalangan. Sebab, kalau bukan sekarang kapan lagi,” pungkas Joune J E Ganda SE sang pembawa harapan baru Tanah Minahasa Utara ini.  (T.L)

TerPopuler