Kepala LIPI: CPNS Harus Membuka Diri terhadap Hal Baru -->

Kepala LIPI: CPNS Harus Membuka Diri terhadap Hal Baru

Selasa, 05 Januari 2021, Januari 05, 2021


Republiknews.com – Jakarta, Sebanyak 103 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengikuti Orientasi Peserta CPNS LIPI Formasi Tahun 2019 secara virtual pada Senin (4/1). Acara tersebut sekaligus menjadi peresmian para CPNS LIPI 2019 sebagai keluarga besar LIPI, baik sebagai peneliti maupun SDM pendukung peneliti. Sebanyak 51 CPNS mengisi lowongan untuk formasi peneliti dan 52 CPNS dari formasi non-peneliti yang akan ditempatkan pada satuan kerja di lingkungan LIPI.


Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko beserta Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas secara simbolis melakukan penyerahan Surat Keterangan CPNS dan Nomor Induk Pegawai kepada seluruh CPNS LIPI 2019. Kesempatan tersebut diwakilkan oleh Nurul, lulusasn terbaik untuk formasi jabatan analis kepegawaian ahli pertama. Orientasi CPNS LIPI 2019 dilakukan agar para CPNS LIPI yang baru dapat memiliki pemahaman mengenai visi, misi, tujuan, dan lingkungan LIPI secara luas.


Handoko berpesan kepada seluruh peserta orientasi untuk dapat membuka diri terhadap hal-hal baru yang dapat dipelajari. ”LIPI mendorong kalian semua untuk terus belajar hal baru. Artinya, jangan menutup diri dengan pekerjaan kalian saja, karena passion baru dapat ditemukan dengan mengeksplorasi dan membuka diri dengan semua opsi,” pesan Handoko.


LIPI sudah membuka formasi peneliti lulusan S3 dan diaspora sejak 2018. Handoko akui, menjadi instansi pertama yang membuka formasi S3 memang tidak mudah, namun tetap perlu dilakukan. ”LIPI membuka formasi S3 karena Indonesia saat ini memerlukan orang-orang yang sudah mampu melakukan riset secara mandiri,” ungkapnya. Perlu diingat, menjadi peneliti LIPI adalah permanent position, yang artinya kalian sudah tidak lagi di bawah professor dan dapat mencari sendiri apa yang bisa kalian teliti,” sambung Handoko. Ia juga berpesan agar seluruh CPNS LIPI tidak melupakan kepribadian yang baik dan kreatifitas dalam bekerja.


Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menjelaskan bahwa sebagai bagian dari LIPI, CPNS LIPI 2019 harus dapat turut memperjuangkan visi dan misi LIPI 2020-2024. ”Sesuai dengan visi LIPI 2020-2024, kita harus menjadi lembaga yang handal, profesional, inovatif, berintegraitas untuk mewujudkan Indonesia maju mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong,” jelas Nur.


Orientasi CPNS LIPI 2019 dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kedeputian LIPI yang dipaparkan oleh masing-masing deputi di lingkungan LIPI. Para peserta pun diajak untuk mengenal penelitian-penelitian yang telah dan akan dilakukan LIPI, begitu pula dengan riset unggulan dan capaian-capaian LIPI. Orientasi ini diharapkan dapat mendorong semangat pada CPNS LIPI 2019 untuk dapat memberikan yang terbaik dalam dunia riset dan inovasi ke depan. Sumber humas lipi.  (T.L)

TerPopuler