Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Layanan Kesehatan Puskesmas, Pustu dan Polindes di Gogagoman Ditutup Sementara

Republiknews
Senin, 25 Januari 2021, Januari 25, 2021 WIB Last Updated 2021-01-25T13:57:21Z


Republiknews.com, Kota Kotamobagu - Pelayanan kesehatan di Puskesmas Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, terhitung sejak Senin (25/01/2021) hari ini dinyatakan ditutup sementara.


Hal itu diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Gogagoman, Sukmawati SST. 


 “Untuk sementara waktu Puskesmas Gogagoman tidak ada pelayanan, baik rawat inap maupun rawat jalan mulai tanggal 25 januari 2021 sampai ada pemberitahuan selanjutnya,” ucap Sukmawati. 


Dirinya menambahkan, penutupan Puskesmas Gogagoman tersebut disebabkan  adanya sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkonfirmasi positif covid-19. 


“Ruangan-ruangan di Puskesmas akan terlebih dahulu disterilkan selama penutupan pelayanan. Masyarakat kalau ada yang sakit bisa diarahkan Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat di wilayah Kota Kotamobagu,” tambahnya.


 Masih menurut Sukmawati, penutupan tersebut tidak hanya dilakukan di Puskesmas saja, melainkan sampai ke Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Polindes yang ada di Gogagoman. 


”Ada ASN yang terkonfirmasi positif covid-19 karena Kontak erat Resiko Tinggi (KERT) dengan salah satu pasien yang datang di Puskesmas,” tuturnya.


Sebelumnya, Sukmawati mengatakan kalau kebijakan yang diambil oleh mereka, baik itu penutupan layanan rawat inap sebelumnya, hingga penutupan penuh Puskesmas Gogagoman tersebut, telah dikordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu.


Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, dr. Tanty Korompot menyampaikan bahwa penutupan harus dilakukan, lantaran ada enam tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas tersebut positif terpapar Covid 19.


" Berdasarkan peraturan gubernur, jika ada yang positif di atas lima, harus ditutup selama satu Minggu. Tujuh hari kedepan belum ada pelayanan pasien. Pun halnya dengan manajemen ditutup." ungkap Tanty. 


Sementara penutupan dilakukan, petugas Dinas Kesehatan Kotamobagu akan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruang puskesmas. "Selain itu kita juga melakukan tracing dan swab test bagi petugas yang ada" katanya. 


Selanjutnya, dirinya mengatakan penutupan sementara Puskesmas kami lakukan berdasarkan regulasi guna memperkecil resiko penyebaran. Untuk sementara waktu, pelayanan Puskesmas Gogagoman dialihkan ke Puskesmas lain atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya. 


Untuk itu, Tanty berharap "agar kejadian tersebut dijadikan pengalaman seluruh petugas kesehatan".  ( Bahmid

Iklan

iklan