Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Manfaat Listrik Bagi UMKM

Republiknews
Selasa, 19 Januari 2021, Januari 19, 2021 WIB Last Updated 2021-01-20T04:49:04Z


Republiknews.com – ,

Usaha Masyarakat Kecil Menenga UMKM ditengah masyarakat menjadi andalan bagi mereka dimasa Pandemi seperti sekarang ini, dengan adanya Pembatasan yang dilakukan pemerintah di berbagai sektor membuat ekonomi pada sebuah rumah tangga menjadi goyah. Dengan adanya keahlian yang dimiliki oleh mereka apakah itu membuat Kue, Nasi Kuning, Gorengan dan lain sebagainya dilakukan oleh mereka demi untuk bisa membantu ekonomi rumah tangga yang lagi tidak menentu. 


Salah seorang ibu rumah tangga, katakan saja namanya Bunga, karena tidak memiliki keahlian dibidang kuliner dengan modal yang sangat pas-pasan mengambil langkah membuka usaha minuman dingin “ Pop ice “ dan minuman lainnya, dengan adanya jualan yang dihasilkan oleh bunga sehariannya bisa meraih keuntungan sampai Rp.100.000, dengan demikian mereka bisa bertahan untuk kelanjutan hidup beserta 2 orang anaknya. 


Bunga sangat bersyukur karena hanya bermodalkan Blender dengan menggunakan tenaga Listrik usahanya bisa berjalan dengan lancar. Bunga sangat beruntung karena berada diwilayah yang ada tenaga listriknya. Disisi lain pak tama yang kesehariannya adalah seorang pengrajin kayu juga merasa sangat bersyukur dengan adanya Tenaga Listrik yang ada ditempatnya, kenapa tidak, sewaktu menggunakan peralatan manual gergaji, dalam sehari mujur-mujuran beliau bisa menyelesaikan satu buah meja pesanan pelanggan. 


Dengan adanya peralatan yang bertenaga Listrik, maka pekerjaannya jadi lebih cepat ketimbang biasanya, kini sebanyak apapun pesanan yang datang kepada pak tama, akan dia kerjakan dengan adanya peralatan bertenaga listrik yang dimilikinya. 


Kalau untuk dua minggu Pulsa listriknya diisi dengan Rp. 10.000, masih bisa dirasakan keuntungan dari hasil pembuatan kursi dan meja, pak tama sangat bersyukur dengan adanya Listrik dari PT. PLN yang masuk ke wilayah tempat tinggalnya, benar-benar sangat membantu dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya. 


Berbeda dengan pak rum sebagai seorang tukang servic Elektronik yang benar-benar bersyukur dengan adanya tenaga listrik semua pekerjaannya bisa diselesaikan, ada juga suka duka disaat melakukan pekerjaan sebagai seorang tukang servic, dukanya ketika pihak PT.PLN memadamkan Lampu secara tiba-tiba, apalagi kalu sedang banyak orderan.


Sehingga harapan mereka kedepan disaat PT.PLN milik pemerintah ingin melangkah maju, Terang Negeri Indonesia Maju, Agar lebih baik kedepannya, sehingga persoalan-persoalan pemadaman Lampu, kalau bisa jangan secara mendadak, sebaiknya ada pemberitahuan terlebih dahulu, sehingga mereka bisa mengatur untuk menghidupkan peralatan yang digunakan. Karena bila terjadi pemadaman secara tiba-tiba kemudian hidup kembali, sangat beresiko bagi peralatan yang mereka gunakan. 


Mereka sangat yakin dengan kinerja dari Pemerintah yang senantiasa berkolaborasi dengan PT. PLN semua kebutuhan masyarakat tentang tenaga kelistrikan bisa dicapai.Bitung Jumat (15/1/2021). (T.L)

Iklan

iklan