GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Wayan Sudirta : Ideologi Calon Kapolri Tak Perlu Diragukan

 


Republiknews.com – Jakarta, Anggota Komisi III DPR RI Wayan Sudirta mengatakan selama ini pencalonan Kapolri lebih ditekankan kepada prestasi, integritas dan latar belakang yang mumpuni. Namun di RDPU Komisi III DPR RI bersama Kompolnas, Sudirta lebih mendalami permasalahan yang berkaitan dengan ideologi, terutama tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.


Wayan Sudirta menjelaskan Kompolnas mengatakan masalah ideologi yang berkaitan dengan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI telah diwujudkan dengan baik dan meyakinkan oleh calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sehingga tidak perlu diragukan lagi.


“Calon Kapolri juga sudah praktekkan dalam kesehariannya, seperti ketika menjadi Kapolda Banten,” kata Sudirta dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) secara fisik dan virtual yang dilakukan tertutup di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).


Mengenai kerjasama dengan pihak ekternal telah dilakukan pula oleh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Dia bekerjasama dengan para tokoh masyarakat maupun tokoh agama. Lalu dengan kalangan internal, kerjasama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo terjalin baik dan tidak ada kendala dengan jajaran Polda dan Polres. “Jadi, berdasarkan penjelasan dari Kompolnas mengenai ideologi dan kerja sama calon Kapolri sudah sangat meyakinkan,” kata pria dari fraksi PDIP ini.


Selain ideologi dan kerjasama yang meyakinkan, lanjut Sudirta, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memenuhi syarat lainnya yaitu dari sisi kompetensi, profesionalitas, prestasi, loyalitas dan track record yang bagus.


Untuk itu, Sudirta menilai, sangat tepat bila Presiden Joko Widodo mengajukan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Apalagi selama memimpin Bareskrim dia banyak mengungkap sejumlah kasus besar yang menyedot perhatian publik. Pembenahan internal juga terus digalakan di tubuh reserse.


Lalu mengawal seluruh kebijakan pemerintah dengan membentuk beberapa Satuan Tugas (Satgas). Antara lain Satgas Pangan, Satgas Migas dan Satgas Kawal Investasi. Sebagai Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah menyelamatkan pula uang negara sebesar Rp. 222,75 miliar sepanjang Januari-Oktober 2020.


Dengan sejumlah prestasi seperti itu, Sudirta memprediksi Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo tidak akan mengalami hambatan saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan pada Rabu (20/1/2021). 


“Kita tunggu sampai uji kelayakan dan kepatutan nanti selesai, karena kita tidak boleh mendahului keputusan fraksi dan Komisi III DPR RI. Tapi saya optimis, calon Kapolri tidak mendapat penolakan dari Komisi III DPR RI,” ujar Sudirta.  Jcn – (T.L)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.