Petani Sulut Tidak Perlu khawatir tentang persediaan pupuk Kedepan -->

Petani Sulut Tidak Perlu khawatir tentang persediaan pupuk Kedepan

Jumat, 05 Februari 2021, Februari 05, 2021


Republiknews.com – Bitung, Perusahaan yang berwenang terkait Produsen pengolaan pupuk yang berada di wilayah Sulawesi Utara saat ini adalah PT. Pupuk Kaltim dan PT. Petrokimia Gresik, yang menyediakan pupuk untuk seluruh petani yang berada diwilayah Sulawesi Utara, Produk dari Pupuk Kaltim dan Petro Kimia Gresik di Girian dan Madidir inilah selaku Stock Holdernya Bhanda Ghara Reksa (BGR). Jum’at (5/2/2021).


berita yang diterbitkan Republiknews.com Kamis (4/2/2021) kemarin mendapatkan klarifikasi dari Koordinatur AAE Pupuk Kaltim Wilayah Sulut Randa Lontoh. 


“ Sekedar klarifikasi PT Pusri sudah tidak lagi ada di Sulawesi Utara dan Yang menjadi Produsen Pupuk Di Sulawesi Utara adalah PT Pupuk Kaltim dan PT Petrokimia Gresik. PT Pusri hanya Pemilik Aset Gudang saja. “ Pungkas Korwil AAE Sulut Randa Lontoh. 


Lebih lanjut Randa mengatakan : “ Pupuk Kaltim sudah melakukan penyaluran pupuk subsidi berdasarkan SK Alokasi Dinas Pertanian pada petani yang berhak mendapat pupuk bersubsidi yang masuk dalam RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).” Paparnya. 


Sementara untuk bulan Januari, Urea Subsidi yang tersalur ke petani di Sulut sebanyak 923 ton atau 107,6% dari SK.  Alokasi Dinas Pertanian bulan Januari sebesar 858 ton.


“ Sehingga pupuk sudah tersalur ke petani sebanyak 923 ton, termasuk didalamnya kabupaten Bolmong “ pungkas Lontoh. 


Dengan demikian Petani yang ada di wilayah Sulut tidak perlu cemas dengan ketersediaan pupuk kedapannya. 


“ Terkait stok pupuk, Pupuk Kaltim mampu mengamankan, karena menggunakan sistem Distribution Planning & Controlling System (DPCS) sehingga dari pusat bisa memantau kondisi stock di gudang provinsi maupun kabupaten. Stock minimum sesuai aturan Permendag setiap saat juga selalu terpenuhi.” Jelas Lontoh. 


Lebih jauh Lontoh mengatakan “ Stock minimum sesuai aturan pemerintah untuk Februari adalah 1.324 ton, stock di gudang PKT saat ini 2.280 ton, artinya 172% dari ketentuan. dan kapal menuju Bitung dari Bontang akan segera datang untuk menambah stock pupuk urea subsidi “ Pungkasnya.


Disisi lain, saat awak media mengkonfirmasih via WA,  Kevin A. Sepang yang merupakan Assisten Account Executive (AAE) PT. Pupuk Kaltim Kab Bolmong dan Kota Kotamobagu PT. mengatakan 


“ Untuk Wilayah Bolmong sendiri PT Pupuk Kaltim menyediakan 2 Gudang Lini 3 yang terletak di dua wilayah yakni Tungoi dan Dumoga “ pungkasnya. 


Lebih lanjut Kevin memaparkan “ stok yang di siapkan pada kedua gedung lini 3 tersebut mampu menampung pupuk yang menjadi kebutuhan petani selama dua minggu kedepan, untuk gudang lini 3 yang berada di wilkayah Tungoi mampu menampung pupuk sebanyak 1.600 ton sedangkan gudang lini 3 yang berada di Dumoga memiliki daya tampung pupuk sebanyak 2.500.ton pupuk “  pungkas Sepang. 


Sementara untuk kebutuhan para petani, tetap mengikuti Alokasi yang ada, jumlah untuk stok pupuk Subsidi sekarang ini yang berada di 2 gudang lini 3 tersebut adalah 494.ton yang berada diwilayah Tungoi kemudian 576.ton persediaan pupuk saat ini yang berada di Gudang lini 3 wilayah Dumoga. 


“ Untuk stok Sekarang  pupuk Urea Subsidi di gudang tungoi sekitar 494.ton dan 576.ton tersedia diwilayah dumoga “ kata Sepang. 


Lebih lanjut Sepang menjelaskan “ Ketika Stok yang berada di wilayah Bolmong berkurang, maka akan segera ditambah melalui gudang-gudang Lini 2 yang berada di wilayah Bitung, Girian serta Madidir, sehingga kata dia Gudang yang ada diwilayahnya tidak pernah Kosong. 


Untuk mekanisme pengiriman pupuk kewilayah-wilayah yang berada di Sulawesi Utara sepang menjelaskan, pengaturan pengiriman semuannya diatur oleh PT. Pupuk Kaltim, sementara BGR sebagai Stake Holder PT. Pupuk Kaltim bertanggung jawab sebagai pengelolaan Gudang


Para distributor-distributor yang sudah ada pengaturannya disetiap wilayah, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Pertani, CV YOSI EN, CV Manado Agro Sentosa, PT. Pusaka Agro Sentosa, CV. Weane. Yang bertindak selaku Distributor diwilayah Manado,Minut, Bitung serta Kota Mobagu dan sekitarnya. (T.L)

TerPopuler