Anggota MPR : Janggal, Indonesia Didiskualifikasi di All England -->

Anggota MPR : Janggal, Indonesia Didiskualifikasi di All England

Selasa, 23 Maret 2021, Maret 23, 2021


Republiknews.com – Jakarta, Anggota MPR RI Bramantyo Suwondo menilai ada kejanggalan atas kasus diskualifikasi tim bulutangkis Indonesia di ajang All England 2021 di Birmingham, Inggris. Tindakan diskualifikasi tersebut menunjukkan masih adanya diskriminasi dalam olahraga yang seharusnya mengedepankan sportivitas. 


“Saya melihat ada kejanggalan dalam peristiwa tersebut. Sebab, perlakuan yang diterima Tim Bulutangkis Indonesia berbeda dengan tim lain yang mengalami kasus serupa, ” kata dalam Diskusi Empat Pilar MPR yang mengambil tema “Polemik All England dan Nasionalisme”di Media Center, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/3/2021). 


Perlakuan panitia terhadap Tim Indonesia berbeda dengan tim negara lain. Sebelum berangkat Tim Indonesia sudah melakukan tes PCR dengan hasil negatif. Ketika sampai di Inggris pun, Tim Indonesia kembali melakukan tes PCR dan hasilnya juga negatif. Bahkan anggota Tim Indonesia sudah divaksin Covid-19.


Namun panitia penyelenggara mendiskualifikasi Tim Bulutangkis Indonesia setelah Kementerian Kesehatan Inggris menginformasikan salah seorang penumpang yang satu pesawat dengan Tim Indonesia menuju Inggris terkonfirmasi Covid-19.  


“Tetapi anehnya, ada tim dari negara lain yang  sempat diberitakan terpapar Covid-19, panitia penyelenggara mengakomodir tim negara itu untuk melakukan tes ulang dan akhirnya dinyatakan negatif sehingga bisa berlaga kembali di All England, ” kata Anggota Fraksi PD itu.


Sementara, Aggota MPR dari Fraksi PDI Perjuangan H. Muchamad Nabil Haroen menyatakan hal senada. Pencoretan skuad Indonesia memiliki kejanggalan, sebab  hanya kontingen Indonesia yang pertama dicoret dari keikutsertaan kejuaraan All England itu.


“Kalau memang satu pesawat enggak boleh berlaga, ya, enggak boleh berlaga. Namun, informasinya, kan, ada yang tetap berlaga,” ujarnya. Jcn – (T.L)

TerPopuler