BPJS CAB.Kotabumi.Laksanakan Kegiatan Pemberian Informasi Kepada Warga Desa Bumi Ratu -->

BPJS CAB.Kotabumi.Laksanakan Kegiatan Pemberian Informasi Kepada Warga Desa Bumi Ratu

Rabu, 03 Maret 2021, Maret 03, 2021


Republik news-Lampung Utara,

Untuk memperbarui informasi kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi melaksanakan kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) kepada warga desa Bumi Ratu, Kecamatan Sungkai Selatan.


Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di balai desa Bumi Ratu dan dihadiri oleh 50 warga, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Meivy Yanti mengungkapkan kelancaran kegiatan tersebut tak lepas dari bantuan aparat desa dan Kader JKN.


“PIL rutin di desa Bumi Ratu dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2021.Sebelumnya terlebih dahulu kami melakukan koordinasi dengan aparat desa dan Kader JKN untuk menentukan lokasi sosialisasi yang cukup luas sehingga memungkinkan warga untuk menjaga jarak satu sama lainnya. Selain itu, aparat desa juga memastikan seluruh warga yang hadir menggunakan masker dan hand sanitizer,” tutur Meivy, Kamis (04/03).


Dalam sosialisasi ini selain dipaparkan informasi umum terkait Program JKN-KIS seperti tata cara pendaftaran Peserta JKN berbagai segmen dan alur pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, disampaikan juga kanal layanan administrasi, informasi dan pengaduan BPJS Kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh Peserta JKN terutama di masa pandemi Covid-19 seperti ini.


“Kami terus memberikan sosialisasi bahwa saat ini tersedia kanal layanan non tatap muka yang dapat dimanfaatkan oleh Peserta JKN dan dapat diakses dimana saja. Informasi ini terus kami sampaikan diberbagai kesempatan karena terkadang Peserta JKN lupa ada kanal layanan ini, terutama jika sedang panik karena suatu hal,” lanjutnya.


Kanal layanan non tatap muka yang dimaksud adalah aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (CHIKA) hingga Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 081318819104. Meski demikian, Meivy menjelaskan peserta JKN-KIS masih bisa mengakses layanan kepesertaan di kantor cabang dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Namun pihaknya tetap mendorong peserta untuk mengakses layanan kepesertaan melalui digital guna mengurangi adanya kontak fisik.


Diah, Kader JKN di wilayah Kabupaten Lampung Utara mengaku senang atas kehadiran BPJS Kesehatan di desanya. Sebagai seorang Kader JKN, ia tentu sudah sering melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah untuk memberikan informasi terkait Program JKN dan mengingatkan warga untuk taat membayar iuran JKN setiap bulan. Namun ia tak menyangkal bahwa kedatangan tim BPJS Kesehatan sangat ditunggu karena warga menginginkan sosialisasi secara mendetail.


“Selain bisa mendapatkan informasi dengan lebih jelas, warga juga bisa memberikan pertanyaan melalui sesi diskusi dan bisa mendapatkan jawabannya saat itu juga. Informasi ini tentu akurat karena disampaikan langsung oleh petugas BPJS Kesehatan. Jika suatu saat BPJS Kesehatan ingin melaksanakan sosialisasi kembali di desa ini, kami akan menyambut dengan senang hati,” ungkap Diah. (Desi)

TerPopuler