Sindikat Pencurian Kendaraan bermotor di 4 Wilayah Berhasil di amankan Timsus Waruga Polres Minahasa Utara -->

Sindikat Pencurian Kendaraan bermotor di 4 Wilayah Berhasil di amankan Timsus Waruga Polres Minahasa Utara

Selasa, 23 Maret 2021, Maret 23, 2021


Republiknews.com – Minut, sekali lagi Anggota Timsus Waruga Polres Minahasa Utara pada pukul 13.00 Wita berhasil mengungkap Sindikat pencurian kendaraan bermotor di empat wilayah sekaligus, Minut, Tomohon, Minahasa dan Kota Manado, selasa (23/3/2021).


Berdasarkan Laporan Polisi : Perihal Pencurian Sepeda Motor , LP/152/III/2021/Res – Minut tanggal 22 Maret 2021. Dengan beranggotakan Timsus Waruga Polres Minut, melakukan penyidikan kasus curanmor, anggota Timsus Waruga Polres minut dipimpin langsung oleh Katimsus Bripka Bobby Lakoro yang langsung mengejar pelaku akhirnya membuahkan hasil.


“Untuk itu, Anggota Timsus Waruga Polres Minahasa Utara melakukan penyelidikan tentang kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Minahasa Utara yang saat ini sudah sangat marak, Pada saat anggota Timsus Waruga Polres Minut melakukan penyelidikan, anggota Timsus mendapati informasi tentang sindikat curanmor di wilayah Minut, Tomohon, Minahasa dan Kota Manado.” Pungkas Katimsus Lakoro


Pelaku dengan inisial RG alias Ridel (22) beragama Kristen tidak memiliki pekerjaan tetap dengan alamat Desa Tetey Kecamatan Dimembe Kab. Minut, merupakan spesialis pencurian kendaraan bermotor di tiga wilayah tersebut berhasil diamankan anggota Timsus Waruga Polres Minut, saat diamankan dan diinterogasi, pelaku mengakui bahwa sudah 14 lokasi yang menjadi TKP dari kendaraan bermotor yang dijarahnya.


“Dan pada saat di amankan dan di interogasi, pelaku mengaku bahwa sudah 14 (empat belas) lokasi tkp dalam aksi pencurian kendaraan bermotor, sehingga anggota Timsus Waruga Polres Minahasa Utara langsung bergerak dan melakukan pengembangan barang bukti kendaraan bermotor yang pelaku jual di desa Lapi kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan.” papar Katimsus Lakoro.

 

Pada Saat anggota Timsus Waruga Polres Minut melakukan pengembangan pencarian barang bukti Hasil curanmor di desa Lapi kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan, pelaku mencoba memanfaatkan situasi dan melakukan perlawanan serta melarikan diri sehingga anggota Timsus Waruga Polres Minut berusaha mengamankan pelaku dengan cara memberikan tindakan keras dan terukur, sehingga pelaku berhasil di amankan anggota Timsus Waruga Polres Minut bersama barang bukti unit kendaraan bermotor.


1 (satu) unit kendaraan bermotor Yamaha Force warnah merah hitam (tkp Kelurahan Saroingsong I), 1 (satua) unit kendaraan bermotor Honda Blade warnah hitam orange (tkp Kelurahan Airmadidi), 1 (satu) unit Honda Vario warnah Putih hitam (tkp Tomohon). 3 unit kendaraan bermotor tersebut inilah yang berhasil diamankan oleh Timsus Waruga Polres minut beserta seorang Penada dengan inisal SK alias Stevenly (23) Desa Lapi jaga III kecamatan Tareran Kab. Minahasa Selatan. 


Barang bukti yang berhasil diamankan adalah 4 (empat) unit kendaraan bermotor, 3 (tiga) buah hp yang di pakai melakukan transaksi, 5 (lima) pasang plat nomor motor hasil curian dan Sparepak kendaraan bermotor hasil curian.


Sementara 11 barang bukti kendaraan bermotor lainnya masih dalam tahap pencarian yakni 1 (satu) unit Yamaha MX King 150 warnah merah putih (tkp desa Koka Bandara), 1 (satu) unit Susuki Smash 110 warnah hitam merah (tkp Winangun), 1 (satu) unit Honda Blade warnah hitam orange (tkp Pasar Airmadidi), 1 (satu) unit Honda Blade warnah warnah hitam orange (tkp Mapanget), 1 (satu) unit Honda Beet Street warnah hitam (tkp Tikal Baru), 1 (satu) unit Honda Beat Karburator warnah hitam (tkp Tomohon Tinoor), 1 (satu) unit Honda Beat Digital warnah merah putih (tkp Tomohon kompleks Kampus Unima), 1 (satu) unit Vega ZR warnah kuning (Tkp Tondano kompleks Kampus Unima), 1 (satu) unit Honda Supra X 125 warnah merah (tkp Tomohon Jalan Lingkar), 1 (satu) unit Susuki Spean warnah putih (tkp Kota Manado Pineleng) dan 1 (satu) unit Susuki Shogun NR warnah hitam (tkp Kota Manado).


Modus pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan pelaku, yakni dengan cara kendaraan yang tidak dikunci stang (stir)nya di bawah lari pelaku dengan cara di dorong dan mencari tempat yang aman  dengan membobol (memutuskan) kabel di belakang kunci kontak sehingga kendaraan bisa di nyalakan. 


Pelaku juga merupakan residivis kasus pencurian motor yang selama ini merupakan target dan incaran anggota Timsus Waruga Polres Minahasa Utara, yang kini diamankan beserta barbuk ke Polres Minut guna kepentingan proses penyidikan lebih lanjut. (T.L)

TerPopuler